It needs to be said and heard: it’s OK to be who you are
Hailee Steinfeld

10 Jurus Bisnis Albert Einstein

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 11:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Prinsip hidup Albert Einstein ternyata bisa juga diterapkan dalam dunia bisnis. Disarikan oleh Michael H. Stewart, berikut sepuluh “mantra” bisnis Albert Einstein.

 

1.Jangan Mengulang Hal yang Sama

Dunia bisnis sangat erat berhubungan dengan eksperimen dan inovasi. Tapi jika eksperimen yang kita lakukan tidak berjalan baik, jangan lagi gunakan pendekatan serupa dan mengharapkan hasil yang berbeda. Itu hal konyol. 

2.Jadilah Problem Solver Kreatif

Jika masalah yang muncul adalah ciptaan kita sendiri, saatnya untuk mengubah sudut pandang. Cari cara lain atau solusi berbeda.

3.Gunakan Imajinasi

Kalau bisnis mau sukses, gunakan imajinasi. Situasi akan berbeda jika kita bergerak maju dan berpikir visioner.

Baca juga: Begini 10 Cara Bikin Konten yang Viral

4.Bersikap Realistis

Seorang pebisnis sukses juga harus realistis. Jangan melakukan hal-hal yang tidak mungkin dilakukan. Terimalah kenyataan.

SHUTTERSTOCK |

5.Memahami Bisnis Yang Digeluti

Jika dalam 30 detik kita sulit menggambarkan bisnis yang kita geluti, berarti kita tidak memahami bisnis kita. Jika kita sendiri saja gagal memahami bisnis kita, apalagi orang lain.

5.Jangan Takut Salah

Jika kita tak pernah melakukan kesalahan, berarti kita belum bekerja keras. Jika pengin sukses, habiskan paling tidak 51% waktu kita untuk mengejarnya mati-matian.

6.Harus Konsisten

Einstein menghabiskan hampir sebagian hidupnya untuk merumuskan Theori of Relativity. Dia kemudian mengembangkan teori berikutnya, yaitu Universal Theory atau Theory of Everything hingga akhir usianya. Jadi, jika kita pengin melihat contoh tentang konsistensi, lihatlah Einstein.

7.Pelanggan Adalah Raja

Tidak egois adalah mantra wajib yang yang harus diikuti agar bisnis sukses. Di dunia bisnis, selalu tempatkan keinginan dan kebutuhan pelanggan di atas keinginan kita sendri.

8.Pahami Aturan Main

Untuk sukses, kita harus mempelajari aturan permainan. Setelah itu, jadilah pemain yang jago melebihi pemain lainnya.

9.Belajar dan Belajar

Jangan pernah berhenti menambah pengetahuan dan wawasan. Tak ada yang sia-sia dari mempelajari hal-hal baru. Suatu ketika, ilmu baru itu pasti akan berguna dan membantu sukses kita.

SHUTTERSTOCK |

10.Teknologi Adalah Teman

Sekarang ini zamannya teknologi informasi dan internet. Tanpa keduanya, bisa jadi tak ada yang mungkin bisa dilakukan. Jadi, jadikan mereka sebagai teman.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro