When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

7 Street Food yang Wajib Dicoba di Korea

author
Isna Triyono
Kamis, 25 Oktober 2018 | 15:14 WIB
SHUTTERSTOCK |

7 street food ini wajib kamu coba kalau lagi berlibur ke Korea. Bukan cuma enak dan murah, street food ini juga sangat kekinian. 

Demam Korea enggak hanya soal drama atau Kpop-nya aja, tetapi juga aneka wisata kulinernya. Nah, untuk kamu yang suka banget dengan segala hal berbau Korea, pasti juga suka dengan street food Korea yang unik, kekinian, dan yummy.

Jika berencana akan traveling ke Korea Selatan kamu bisa intip, nih, street food di Korea yang jadi favorit semua traveler. Selain mudah di dapat, makanan pinggir jalan Korea ini juga cukup murah, enak, dan memberikan sensasi pengalaman tidak terlupakan.

Lalu, apa aja street food yang terkenal di Korea dan kamu harus coba kalau sedang traveling ke sana? Berikut 7 street food Korea yang wajib kamu coba.

1. Tteokbokki

Tidak salah sih menempatkan Tteokbokki di urutan pertama street food Korea yang wajib dicoba. Karena memang makanan ini yang dicari hampir seluruh traveler ketika sedang berada di Negeri Ginseng itu.

Tteokbokki adalah kue yang terbuat dari beras berbentuk silinder yang kenyal. Tteokbokki direbus dengan pasta cabai yang telah difermentasi (resep asli Korea). Biasanya tteokbokki disajikan bersama mi, bakso ikan, atau sayuran.

Kamu bisa menemukan tteokbokki hampir di setiap pojangmacha alias warung tenda di sudut-sudut kota di Korea.

Baca Juga: Sebelum Traveling ke Korea Ketahui 9 Tradisi Ini

2. Odeng (Eomuk)

Kamu pasti pernah makan bakso ikan, dong? Nah, di Korea bakso ikan yang disebut odeng atau eomuk ini menjadi salah satu street food khas yang jadi favorit warga lokal dan turis.

Bakso ikan ini terbuat dari daging ikan yang telah dihaluskan, dicampur dengan terigu dan bumbu-bumbu khas lainnya. Yang bikin unik, odeng ini disajikan dengan cara khas street food di Korea, yaitu ditusuk menggunakan tusuk sate.

Yang membuat odeng ini semakin yummy karena direbus dengan air kaldu dan disajikan dalam keadaan hangat. Jadi cocok banget untuk menghangatkan badan saat musim dingin. Kamu juga bisa pilih guk atau kuah kaldunya dengan rasa yang tersedia, biasanya kaldu ayam, kaldu kepiting, atau saus pedas.

3. Twigim

Sama seperti di Indonesia, penjual gorengan di pinggir jalan pun banyak ditemukan di Korea. Di sana, jajanan yang digoreng disebut twigim. Jika di Indonesia, gorengan biasanya berupa tahu, tempe, singkong, atau bakwan, di Korea beda lagi bahannya.

Kebanyakan twigim adalah seafood seperti udang atau cumi. Juga ada telur, bakso, paprika, dan sayuran yang dibalut tepung yang sudah diberi bumbu lalu digoreng.

Agar semakin enak, kamu bisa memakan twigim dengan tambahan kecap asin, saus tteokbokki, saus kacang, atau saus cabai.

4. Tokkebi Hot Dog

Di Korea ternyata juga mengenal street food hot dog. Bedanya, jika hot dog biasa adalah roti yang di dalamnya diselipkan sosis, tokkebi hot dog adalah sosis yang dibalut dengan kentang yang sudah dipotong-potong berbentuk kotak-kotak kecil.

Cara makannya lebih mudah karena sosis sudah ditusuk dengan tusukan sate. Jika ingin lebih gurih atau pedas, kamu bisa tambahkan saus cabai atau mayones. Dijamin sensasi memakan hot dog kentang ini bikin makan enggak cukup satu potong.

5. Gyeran Bbang

Gyeran Bbang adalah roti khas Korea yang juga banyak penggemarnya. Sekilas gyeran bbang ini mirip egg bread namun dengan tektur yang lebih lembut.

Selain itu, yang menjadi ciri khasnya gyeran bbang adalah adanya telur utuh di permukaan atasnya. Telur ini sengaja dimasak setengah matang agar lebih gurih.

Baca Juga: Sebelum Traveling ke Jepang Ketahuilah 9 Tradisi Ini

6. Bungeoppang

Bungeoppang juga merupakan salah satu street food khas Korea. Penampilannya menarik, yaitu berbentuk ikan dengan detail sisik-sisiknya ditambah isian berupa selai kacang merah, cokelat, chesnut, atau ubi manis. Waktu yang paling pas menyantap bungeoppang adalah saat masih hangat.

7. Bbopki

Selain makanan ringan, street food Korea juga menawarkan penganan manis berupa permen khas yang disebut bbopki. Bbopki terbuat dari gula yang telah dimasak hingga menjadi karamel dan dicampur baking soda. Bentuknya bulat dan berwarna cokelat muda.

Yang membuat bbopki menarik untuk dibeli adalah di dalam lingkarannya terdapat gambar-gambar yang sangat lucu, seperti love, bintang, atau bentuk lainnya. Dan jika kamu bisa memakan bbopki tanpa merusak bagian sisanya, penjualnya akan memberi kamu satu lagi bbopki secara gratis. Tapi sayangnya, saking renyahnya bbopki, biasanya satu kali digigit, maka bagian sisanya akan ikut patah.

Di antara 7 street food tadi, mana yang bikin kamu ngiler dan enggak sabar mencicipinya?

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono