Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Begini 10 Cara Bikin Konten yang Viral

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 25 Oktober 2018 | 14:43 WIB
SHUTTERSTOCK |

 

Konten bisa viral hanya dalam hitungan jam bahkan menit. Bisa video di Youtube, postingan Facebook, twit atau konten media sosial lain yang mendapat ribuan share. Nah, berikut 10 cara bikin konten konten viral.

 

1.Orang suka jika kelihatan cerdas

Ketika orang akan sharing sebuah konten di media sosial, mereka akan menimbang currency socialnya, apakah itu berefek buat mendongkrak diri mereka di mata para pembaca atau followernya.

Jika konten itu akan membuat mereka terlihat cerdas, besar kemungkinan mereka akan sharing. Jadi, buatlah konten yang bisa membuat orang terlihat cerdas.

2.Simpel saja, jangan bertele-tele

Sebagian besar konten yang jadi viral pasti simpel dan pendek. Jika berupa video, durasinya tak lebih dari 1 menit. Lebih dari itu, orang malas membaca atau membukanya.

3.Jangan lupa sisi humanisnya

Orang akan lebih suka membagikan konten jika itu membuat teman atau follower mereka merasa terhubung dan sesuai dengan apa yang mereka alami, sehingga mereka akan berempati.

Baca juga: 10 “Mantra” Bisnis Albert Einstein

4.Harus orisinal

Orang lebih suka video atau konten yang apa adanya, tidak terlalu diedit atau dipercantik. Intinya, harus ada unsur orisinalitasnya.

Contoh terbaik adalah konten tentang “how to.” Video tentang behind the scenes sebuah event juga contoh yang bagus.

5.Harus interaktif

Orang biasanya menginginkan konten yang bisa dijadikan diskusi, baik dengan kita maupun dengan orang lain yang membaca atau melihat. Dan semakin konten itu hangat didiskusikan, semakin besar kemungkinan untuk viral.

SHUTTERSTOCK |
 

6.Biarkan pembaca memberi komen

Blogger butuh pengorganisasian komen yang baik agar konten jadi viral. Kita harus merespons komen yang baik maupun yang kontroversial.

Komunikasi yang baik dengan pemberi komen berpotensi menaikkan konten kita jadi viral.

7.Suguhkan list dan visual

Orang menyukai daftar (list) dan gambar (visual). Konten yang berisi list sangat mungkin jadi viral, apalagi jika dihiasi foto atau gambar ilustrasi.

Baca juga: 6 Tips Keuangan Bagi Milenial

8.Bikin headline yang “jedar”

Jutaan konten setiap hari muncul di media sosial. Jadi, kalau mau jadi perhatian, buatlah impresi awal yang hebat pada headline.

Headline yang bagus antara lain bisa menarik perhatian, mengundang rasa ingin tahu, dan memberi keuntungan bagi yang membaca.

9.Jangan membuat orang merasa bodoh

Hati-hati membuat konten, jangan menyudutkan seseorang atau sekelompok orang, apalagi membuat mereka tampak bodoh.

10.Bikin konten yang pas

Jika ingin posting ke Facebook, pastikan tata bahasa dan susunan kalimatnya pas. Paragraf yang panjang dan bertele-tele nggak bakal dilirik orang, apalagi jika isinya soal yang biasa-biasa saja. Jika mau mentwit, jangan habiskan jatah 140 karakter. Sisakan 10-12 karakter untuk retwit.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro