We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Siapkan 6 Hal Ini Sebelum Minta Naik Gaji

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 26 Oktober 2018 | 08:46 WIB
Ilustrasi Gaji | SHUTTERSTOCK

Ada 6 hal yang sebaiknya kamu siapkan sebelum minta naik gaji ke atasan. 

 

Sebelum menghadap bos untuk minta kenaikan gaji, sebaiknya kamu siapkan ‘peluru’ agar keinginan bisa dipenuhi. Ingat ya, jangan harap bos akan menerima alasan-alasan standar, seperti beban hidup yang semakin tinggi atau sudah mengabdi sekian tahun lamanya.

Lakukan persiapan matang sebelumnya, jangan sampai salah langkah dan malah merusak reputasi kamu di mata bos. Ikuti yuk 6 trik berikut ini.

 

1.Waktu yang Tepat

Cari waktu yang tepat untuk menyampaikan tujuan kamu, misalnya setelah evaluasi kerja tahunan, setelah mendapat promosi, dipindah posisi, ditambah tanggung jawab, dan sebagainya

2.Sampaikan Tujuan Dengan Jelas

Jangan terlalu bertele-tele dan menceritakan hal-hal kurang penting di awal pertemuan. Segera sampaikan tujuan dengan jelas dan baik.

3.Lakukan Survei

Setiap perusahaan memiliki kebijakan dalam sistem penggajian karyawan yang bisa berbeda-beda. Tapi sebagai pembanding, kamu bisa melakukan survei untuk mengetahui standar gaji di pasaran. Caranya? Coba browsing di situs lowongan kerja, lembaga riset atau survei media.

Ilustrasi | SHUTTERSTOCK

4.Jika Permintaan Ditolak

Jika ternyata permintaan kamu ditolak atau ditangguhkan, jangan putus asa dulu ya. Bisa jadi itu bukan waktu yang tepat minta kenaikan karena manajemen sedang mengalami masalah keuangan. Sampaikan kemungkinan kamu akan melakukan peninjauan ulang. Bisa juga mencari alternatif, seperti meminta fasilitas pengganti kenaikan gaji. 

5.Jangan Mengancam

Saat permintaan ditolak atau ditangguhkan, jangan emosi dan malah menyerang manajemen dengan ancaman atau gertakan. Kendalikan diri dan cobalah untuk bernegosiasi dengan cara baik-baik.

Jika tidak berhasil juga, tetap ucapkan terima kasih karena sudah meluangkan waktu dan tetap bekerjalah dengan optimal. Pasalnya, bisa jadi manajemen sedang memantau konsistensi kinerja kamu.

6.Posisi Tawar

Terpenting, sebelum mengajukan kenaikan gaji coba ukur sendiri seberapa nilai kamu sebagai karyawan di mata perusahaan? Bagaimana prestasi kamu selama ini di kantor? Sejauh apa pencapaian kamu dalam bekerja? Semakin tinggi nilainya, semakin besar posisi tawar kamu untuk meminta kenaikan gaji. Tapi berikanlah penilaian secara objektif, ya.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Hasto Prianggoro