A woman is like a tea bag. You never know how strong it is until it’s in hot water.
Eleanor Roosevelt

7 Tips Menata Meja Kerja di Rumah

author
Isna Triyono
Jumat, 26 Oktober 2018 | 14:04 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menata meja kerja di rumah bermanfaat salah satunya agar kamu fokus pada pekerjaan. Berikut ini 7 tips menatanya agar kerja dari rumah jadi lebih bersemangat.

Siapa bilang bekerja dari rumah tidak membutuhkan meja kerja? Space khusus untuk bekerja di rumah sangat dibutuhkan agar kamu bisa fokus ketika menyelesaikan pekerjaan, serta bisa menyimpan berkas-berkas penting yang berhubungan dengan pekerjaan.

Memang tidak harus seperti meja kerja di kantor. Kamu bisa membuat meja kerja di rumah sesimpel mungkin. Lalu, apalagi tips menata meja kerja di rumah?

1. Simpel

Meja kerja di rumah harus simpel, apalagi jika ruangan terbatas dan harus berbagi dengan fungsi ruangan lainnya, misalnya kamar tidur atau ruang keluarga.

Oleh karena itu, meja kerja di rumah tidak perlu dihias berlebihan. Cukup letakkan meja, rak berkas, computer atau laptop, dan kursi sebagai penanda itu adalah ‘area’ kerja kamu.

2. Selalu Rapi

Jangan biarkan meja kerja di rumah penuh dengan barang-barang berserakan sehingga kamu sendiri kebingungan mencari sesuatu di antara tumpukan berkas. Usahakan setiap selesai menggunakan meja kerja, semua barang-barang diletakkan ke tempat semula.

Baca Juga: 5 Sentuhan Ruang ala Skandinavia

3. Rak mini atau ambalan

Rak mini atau ambalan berguna untuk menyimpan barang-barang penting yang sering digunakan. Namun pilih rak ukuran mini atau kecil dan jumlah ambalan yang sesuai. Bisa juga kamu menggunakan devider di dalam laci untuk memudahkan penyimpanan.

SHUTTERSTOCK |


4. Ornamen penyemangat

Meletakkan ornamen, baik berupa foto pribadi atau hiasan, yang membuat kamu bersemangat ketika melihatnya juga menjadi pilihan yang bijak untuk meja kerja.

Baca Juga: Ruang Tamu Sempit? Lakukan 5 Tips Ini!

5. Tempat sampah

Sediakan tempat sampai ukuran kecil di dekat meja kerja. Tujuannya agar kamu enggak perlu berjalan jauh untuk membuang sampah kertas yang enggak terpakai. Karena jika tidak segera dibuang, sampah-sampah kertas akan menumpuk di meja. Tapi jangan lupa juga membersihkan tempat sampah mungil itu 2-3 kali seminggu agar tidak berantakan.

6. Pencahayaan

Ini juga merupakan faktor penting untuk meja kerja di rumah. Kamu bisa meletakkan lampu meja atau menggeser meja kerja ke dekat sumber cahaya alami, yaitu matahari. Jika memungkinkan, pilih sudut dekat jendela untuk meja kerja agar mendapat pencahayaan alami tadi.

7. Warna netral

Pilih warna-warna netral untuk meja kerja atau pernak-pernik yang digunakan di meja kerja. Warna netral membuat meja kerja kamu terlihat lebih rapi dan lapang.

Selamat bekerja dari rumah!

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono