What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

10 Makanan yang Merusak Kulit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 27 Oktober 2018 | 20:26 WIB
SHUTTERSTOCK |

Ini 10 makanan yang merusak kulit. Salah satunya ada yang sering kamu makan, kah?

Jika tidak hati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi, kulit kamu bisa-bisa mengalami masalah dan kerusakan. Karena beberapa makanan yang dianggap lezat justru membahayakan kesehatan kulit.

Bisa jadi, beberapa makanan yang bisa merusak kulit di bawah ini adalah salah satu makanan favoritmu. Cek yuk!

1. Donat

Donat seperti mengandung dosis ganda untuk merusak kulit. Kandungan tepung dan gulanya yang tinggi, bukan saja membuat tubuh menjadi gemuk, tetapi juga merusak kulit.

Baca Juga: 6 Kegunaan Lipstik Cair

2. Soda

Soda dan minuman tinggi gula lainnya dapat merusak pembentukan kolagen, jaringan ikat yang membantu menjaga kulit tetap kenyal. Pilihan minuman yang sehat adalah air putih atau teh tanpa pemanis.

3. Alkohol

Efek diuretik dari alkohol dapat mendatangkan malapetaka pada kulit kamu, menyedot kelembapan dan menyebabkan tampilan kulit yang mudah keriput dan kusam.

4. Roti Putih

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat menjadi berita buruk bagi kulit. Makan makanan indeks glikemik tinggi seperti roti putih menyebabkan lonjakan drastis gula darah dan insulin yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

5. Permen

Kolagen adalah zat menjaga kulit tetap kencang dan bersinar. Terlalu banyak makanan tinggi gula, seperti permen dapat merusak produksi kolase, membuat kulit hilang kekenyalannya, kendur, dan keriput. Sebaliknya, pilih makanan yang membantu produksi kolagen seperti buah beri dan sayuran berwarna cerah.

Baca Juga: 5 Alasan Kulit Tetap Kering Meski Sudah Pakai Pelembap

6. Camilan Asin

Keripik kentang atau singkong memberi kontribusi yang besar terhadap asupan garam ke dalam tubuh. Konsumsi garam semacam ini menyebabkan kulit sulit mempertahankan kandungan air dan akhirnya menyebabkan kulit kering.

SHUTTERSTOCK |


7. Kopi

Kandungan kafein pada kopi membuat kulit kering dan menimbulkan garis-garis halus. Apalagi jika kopi ditambah dengan gula dan krim, efeknya bisa terasa dua kali lipat. Terlalu banyak kafein membuat kamu kurang tidur sehingga berdampak juga pada kulit, serta gula dan krim membuat kulit kering.

8. Daging Olahan

Makan banyak daging olahan tinggi lemak dan tinggi natrium, seperti salami dan hot dog, juga membuat kulit kamu rusak. Jika terpaksa memakan daging olahan, pilihlah yang penggunaan bahan pengawetnya lebih sedikit. Setelah itu, minumlah air putih yang lebih banyak agar menetralisir kandungan natrium dan bahan pengawetnya.

9. Nasi Putih

Seperti roti putih, nasi putih juga termasuk makanan dengan peringkat tinggi pada indeks glikemik. Kurangi porsi nasi putih dan lebih banyak konsumsi sayur atau makanan berprotein tinggi seperti kacang.

10. Mayones

Makanan kaya omega-6 dan minyak (seperti kedelai, jagung, dan safflower) ditemukan di mayones dan beberapa salad dressing. Tetapi jika dikonsumsi terlalu berlebihan, dapat merangsang proses peradangan dan membuat kulit lebih cepat kusam. Untuk mendapatkan manfaat lemak omega-6, sebaiknya konsumsi salmon dan tuna.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Isna Triyono