When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

4 Tipe Merangkak Bayi

author
Isna Triyono
Jumat, 21 Desember 2018 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Setiap bayi mengalami tahap perkembangan merangkak.

Enggak ada patokan pasti usia berapa bayi mulai merangkak. Namun yang menarik, setiap bayi itu unik, begitu pula cara ia merangkak.

Yang harus kamu perhatikan justru setiap bayi seharusnya mengalami tahapan merangkak ini karena memiliki manfaat yang baik bagi perkembangan bayi. Seperti melatih kekuatan otot, keseimbangan tubuh, dan perkembangan postur tubuh yang baik.

Baca juga: Plus Minus Bayi Tidur Telentang

Nah berikut ini beberapa tipe merangkak yang paling umum dilakukan oleh bayi. Beberapa bayi bisa menggunakan beberapa tipe merangkak secara bergantian.

1. Cross Crawl

Ini adalah tipe merangkak yang paling banyak digunakan bayi, di mana bayi menanggung beban tubuhnya di tangan dan lutut. Gerakan lengan dan lututnya berlawanan secara bersamaan untuk bergerak maju.

2. Bear Crawl

Seperti namanya, gaya merangkak ini seperti beruang. Pada dasarnya, bear crawl dan cross crawl enggak juah beda. Hanya tipe bear crawl bayi merangkak dengan kaki lurus, bukan dengan lutut.

Baca juga: Cara Memijat Bayi Untuk Pemula

SHUTTERSTOCK |

3. Crab Crawl

Gerakan tangan dan kaki seperti cross crawl. Bedanya, tubuh bayi bergerak mundur atau ke samping saat merangkak dengan tangannya.

4. Commando Crawl

Tipe merangkak ini sedikit berbeda dengan tipe lainnya, yaitu ketika merangkak, perut bayi tetap menyentuh tanah. Sementara kaki dan tangan bergerak bergantian secara berlawanan. Karena gerakan merangkak menyerupai tentara, makanya disebut commando crawl atau tummy crawl karena bagian perut tetap menyentuh tanah.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono