Kekecewaan itu harus kita salurkan dengan bekerja lebih baik lagi dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi.
Sri Mulyani

5 Tips Liburan Tanpa Stres, Bisnis Tetap Jalan

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 22 Desember 2018 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Liburan seharusnya menjadi saat menyenangkan bersama keluarga tercinta. Namun, bagi pebisnis, menjalankan bisnis selama liburan bisa membuat stres. Nah, bagaimana agar tetap bisa menjalankan bisnis tapi juga bisa menikmati liburan, berikut 5 tipsnya.

1. Bikin daftar

Saat liburan, bisnis biasanya justru makin ramai, apalagi jika bidang bisnisnya berkaitan dengan jasa traveling. Menyusun daftar semua hal yang harus dikerjakan rasanya wajib. Banyak, kok,  aplikasi organizer gratis yang bisa digunakan untuk mempermudah menyusun semua kerjaan yang bisa dibuka di rumah, di jalan, maupun di kantor.

 

Baca juga: Ini 5 Profesi Menjanjikan Penghasilan Tambahan di Tahun 2019

 

2. Cari tenaga tambahan

Menghandel semua kerjaan ekstra saat liburan pasti akan sangat merepotkan, apalagi jika bisnis yang kamu geluti berkaitan dengan. Untuk membantu mengurang ibeban kerja ekstra, cari tenaga tambahan selama liburan. Banyak orang yang menggunakan liburan sebagai waktu untuk mencari tambahan, jadi rasanya tak terlalu sulit menari tenaga tambahan ekstra.

3. Beli di toko online saja

Masa-masa liburan, Lebaran, Natal, atau Tahun Baru misalnya, membutuhkan banyak persiapan, baik makanan maupun bingkisan. Untuk bingkisan, seperti hantaran, sebaiknya siapkan jauh-jauh hari. Tak perlu repot, gunakan saja jasa toko online untuk membeli bingkisan. Selain lebih murah, juga lebih hemat waktu, jadi masih bisa untuk mengecek bisnis juga.

| SHUTTERSTOCK

4. Harus ambil libur

Survei yang dilakukan American Express menunjukkan, hanya sekitar 49% pemilik bisnis yang menutup bisnisnya selama seminggu saat liburan. Sebagian besar yang lain tutup kurang dari seminggu. Keuntungan menjadi pemilik usaha adalah bisa menentukan kapan dan berapa lama akan libur. Yang lebih penting lagi, libur bisa membantu mengisi ulang tenaga dan menjauhkan dari perasaan jenuh.

5. Jaga kondisi tubuh

Tetap menjalankan bisnis kala liburan butuh tenaga ekstra. Jadi, jaga baik-baik kondisi tubuh. Makan teratur dengan menu seimbang, cukup tidr dan cukup olahraga. Jika tak sempat pergi ke gym, jalan-jalan di sekitar rumah cukup, kok.   

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro