Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

5 Posisi Seks yang Aman Saat Hamil

author
Isna Triyono
Selasa, 8 Januari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hamil bukan berarti kamu puasa untuk berhubungan seks. Justru kegiatan ini memiliki banyak menfaat bagi ibu hamil.

Hanya saja, berhubungan seks saat hamil harus memperhatikan kondisi kehamilan dan pintar-pintar memilih posisi agar tidak membahayakan janin.

Konsultasikan pada dokter kandungan jika kamu masih merasa ragu agar memperkecil risiko yang tidak diinginkan.

Berikut ini 5 posisi seks yang aman dilakukan saat hamil.

Baca juga: 8 Alasan Mengapa Ibu Hamil Membutuhkan Seks

1. Misionaris

Jika kamu nyaman berbaring telentang di ranjang, posisi misionaris juga masih aman dilakukan. Namun wanti-wanti ke pasangan agar tetap menopang tubuhnya dengan tangan dan dengkulnya.

2. Semi-misionaris

Disebut semi misionaris karena tetap dilakukan dengan posisi perempuan di bawah namun dilakukan di tepi tempat tidur sehingga pasangan bisa tetap berdiri atau setengah berdiri saat penetrasi. Dengan posisi itu, tubuh pasangan tidak akan menekan bagian perutmu.

SHUTTERSTOCK |


3. Woman on Top

Dengan posisi ini, kamu bisa lebih mengendalikan gerakan saat penetrasi. Selain itu, perutmu juga akan terbebas dari tekanan sama sekali. Enggak heran, banyak dokter yang menyarankan posisi ini selama hamil demi keselamatan.

Baca juga: Stimulasi Puting, Cara Agar Cepat Melahirkan

4. Menyamping

Posisi ini juga membuat perut bumil terbebas dari tekanan. Yang kamu lakukan adalah tidur berbaring dengan posisi menyamping. Bila perlu, beri penyanggah (bantal) pada bagian samping perut agar tidak terlalu tergoncang.

5. Doggy Style

Posisi ini disebut yang aman dan menyenangkan bagi ibu hamil. Jika kehamilan kamu tiada kendala, pada trimester kedua dan ketiga, posisi ini juga terbilang aman namun pastikan kamu nyaman melakukannya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono