When I get up and work out, I’m working out just as much for my girls as I am for me, because I want them to see a mother who loves them dearly, who invests in them, but who also invests in herself. It’s just as much about letting them know as young women that it is OK to put yourself a little higher on your priority list.
Michelle Obama

10 Essential Oil untuk Kecantikan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 14 Januari 2019 | 19:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Essential oil atau minyak alami baik untuk menjaga kecantikan kulit. Berikut 10 di antaranya.

Argan oil

Disebut juga “emas cair” dari Maroko. Berasal dari inti pohon argan. Mengandung Vitamin E, asam lemak esensial, protein, omega 3 dan 6, alpha tocopherol yang melembapkan dan mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit, menguatkan akar rambut dan kuku.

Coconut Oil

Mengatasi kulit kering pada wajah, tubuh, bibir hingga kutikula. Mengandung asam lemak yang berguna melembapkan kulit. Bisa juga digunakan sebagai makeup remover.

Baca juga: Warna Kulit Wajah Tak Merata, Coba Masker Kayu Manis

Grapeseed oil

Banyak produk anti-aging menggunakan minyak alami ini. Didapat dari biji anggur yang kaya akan antioksidan polyphenols yang bisa meredakan peradangan, menstimuli produksi kolagen sehingga kulit tetap kenyal, dan bersifat oil control.

Almond Oil

Kaya omega 3 yang baik untuk kulit. Bersifat hypoallergenic sehingga aman untuk kulit sensitif, bahkan bisa mengobati eczema dan psoriasis.

Olive Oil

Kandungan vitaminnya membantu mengurangi garis-garis halus akibat penuaan dan flek hitam akibat paparan sinar matahari

Jojoba Oil

Dihasilkan dari biji tanaman jojoba. Mengandung vitamin E dan B kompleks, serta mineral seperti seng, selenim, iodin. Bersifat melembapkan dan cocok digunakan untuk kulit sensitif. Untuk rambut yang mudah kusut, jojoba oil juga bersifat melembutkan.

Baca juga: 6 Jenis Butter yang Baik Sebagai Pelembap Kulit

Marula Oil

Minyak dari buah marula di Afrika Selatan ini mengandung antioksidan 60% lebih banyak dibanding minyak alami lainnya, seperti olive oil, jojoba oil bahkan argan oil sehingga cocok untuk pemilik kulit kering. Vitamin C-nya yang empat kali lipat jeruk dapat membantu mencerahkan kulit. Kandungan antimicrobialnya bisa mematikan bakteri penyebab jerawat.

Rosehip Seed Oil

Kaya vitamin antioksidan, seperti vitamin C dan E, serta vitamin A yang berguna memerangi keriput. Menstimuli pertumbuhan sel-sel kulit baru sehingga tekstur kulit wajah lebih halus.

SHUTTERSTOCK |

Avocado Oil

Lemak sehatnya membuat kulit lebih sehat dan glowing dengan cara menstimulasi poduksi kolagen dan pelembap alami kulit. Bisa juga digunakan untuk masker rambut dan kulit.

Pomegranate Seed Oil

Kaya antioksidan dan serat kolagen yang mengurangi breakout, melembapkan kulit, serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi