The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

Merawat Payudara di Masa Menyusui

author
Isna Triyono
Kamis, 17 Januari 2019 | 12:46 WIB
SHUTTERSTOCK |

Hamil dan melahirkan sedikit banyak pasti akan memberi dampak perubahan pada bentuk payudara.

Apalagi ketika bayis udah lahir dan mulai menyusui. Kamu mungkin akan merasakan payudara penuh, bengkak, dan nyeri.

Sebenarnya hal itu adalah pengalaman yang wajar dan yang perlu kamu lakukan adalah berusaha membuat diri senyaman mungkin.

Berikut beberapa tips untuk merawat payudara di masa penyusui agar kamu nyaman dan payudara tetap sehat.

Baca juga: 5 Mitos Soal Keguguran yang Masih Banyak Dipercaya

1. Menjaga Kebersihan

Selalu mencuci tangan sebelum kamu menyentuh payudara. Jaga kebersihan payudara dan puting dengan mencuci menggunakan air hangat. Hindari menggunakan sabun di area payudara dan putting karena bisa membuat kulit kering dan iritasi.

2. Bra yang Tepat

Setelah hamil dan melahirkan, ukuran payudara kamu pasti banyak berubah. Belilah bra dengan ukuran yang baru dan pas. Saat menyusui, sebaiknya pilih bra berbahan ringan dan menyerap keringat agar kulit bsia bernapas.

3. Kenakan Breast Pad

Di awal masa menyusui, biasanya produksi ASI melimpah namun bayi belum terlalu banyak porsi menyusuinya. Hal itu kerap membuat ASI bocor dan merembes ke bra. Sebaiknya kenakan breast pad dan ganti secara teratur. Bantalan menyusui yang bersih dan kering dapat membantu mencegah puting sakit, atau mastitis.

Baca juga: 8 Olahraga yang Aman Untuk Ibu Hamil

4. Oleskan ASi

Oleskan ASI pada puting dan daerah aerola begitu bayi selesai menyusui. Hal ini untuk melembapkan puting dengan cara alami.

5. Melepaskan Payudara dari Mulut Bayi

Hal kecil ini terkadang terlewatkan oleh ibu menyusui, yaitu ketika melepaskan payudara dari mulut bayi harus dilakukan dengan benar, yaitu letakkan jari di sudut atau bawah mulut bayi untuk melepaskan lekatan mulut dan payudara. Jangan ditarik karena nanti akan membuat payudara lecet.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono