The best way to make children good is to make them happy.
Oscar Wilde

6 Tips Ubah Perilaku Anak: Ubah Lingkungannya

author
Hasto Prianggoro
Senin, 21 Januari 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Mengubah perilaku anak bukan soal mudah. Akan lebih mudah mengubah lingkungannya sehingga perilaku anak perlahan ikut berubah. Berikut triknya.

 

Lingkungan bisa memengaruhi perilaku seorang anak. Lingkungan disini termasuk benda-benda yang ada di sekitar anak, tempat dimana anak beraktivitas, maupun pesan yang disampaikan. Ketika anak berperilaku tak baik, coba cari tahu apa yang terjadi di lingkungannya.

Misalnya, anak suka mencoba-coba melakukan sesuatu meskipun berbahaya, anak tantrum karena capek, dan sebagainya. Nah, Bunda bisa memindahkan lokasi bermain anak atau mengubah jadwal kegiatan anak. Berikut beberapa ide yang bisa dilakukan untuk mengubah lingkungan untuk membantu anak berperilaku seperti yang Bunda harapkan.

 

Baca juga: Anak Mau Menang Sendiri, Ini 6 Tips Mengatasinya

 

Di rumah

1. Pindahkan perabot-perabot yang mudah pecah dari jangkauan anak-anak. Selain untuk menjaga perabot tadi supaya tidak pecah, ini juga mencegah anak dari tertimpa atau luka akibat pecahan perabot.

2. Atur jam tidur anak untuk mencegah anak terganggu jadwal tidurnya atau tantrum karena capek kurang tidur. Bunda juga bisa mengganti lampu tidur di kamar anak karena anak sulit memejamkan mata dengan lampu yang terang atau gelap.

3. Matikan layar monitor seperti tablet atau TV agar anak bisa fokus melakukan aktivitas harian seperti mempersiapkan buku-buku sekolahnya.

| SHUTTERSTOCK

Di luar rumah

4. Pilih makan di area luar restoran agar tidak terganggu oleh aktivitas anak yang suka berlari-larian atau berteriak-teriak. Ini juga tidak akan mengganggu pengunjung restoran lain.

5. Jika dua anak tak bisa diam dan selalu ribut di jok belakang mobil, duduklah di antara keduanya.

6. Jika sedang merencanakan pikinik ke luar kota, pilih penginapan yang memiliki area buat orangtua dan anak. Misalnya ada playground untuk bermain anak dan coffee shop untuk orangtua.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro