Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Karpet Kesayangan Terkena Permen Karet? Ini Cara Membersihkannya

author
Isna Triyono
Kamis, 24 Januari 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Noda permen karet paling susah dibersihkan dari karpet. Apalagi yang menempel sudah lama.

Agar lebih mudah dibersihkan, jika karpet terkena noda permen karet atau noda lainnya, yang pertama dilakukan memang langsung membersihkannya.

Berikut cara membershkan karpet dari noda permen karet:

1. Es Batu

Siapkan satu kantong berisi es batu. Disarankan es batu masih dalam bentuk utuh, tidak dipecah agar waktu mencairnya lebih lambat. Lalu letakkan kantong es batu di atas noda permen karet, diamkan kira-kira sampai membuat noda permen karet membeku (biasanya 5-10 menit).

Baca juga: Cara Membersihkan Bak Cuci Piring Secara Maksimal

Jika noda permen karet sudah membeku, keruk menggunakan pisau tumpul atau sendok. memotong 1-2 serat karpet, enggak akan terlalu terlihat tapi bisa membuat penampilan karpetmu bersih kembali.

2. Hair Dryer

Cara ini kebalikan dari menggunakan es batu, yaitu memanaskan noda permen karet hingga lunak. Kamu bisa gunakan hair dryer untuk memanaskan noda permen karet. Jika sudah panas, noda membandel itu akan lebih lentur dan lebih mudah untuk ditarik sedikit demi sedikit menggunakan tangan.

3. Pembersih Bubuk

Kamu juga bisa membersihkan noda permen karet menggunakan pembersih yang biasa dijual bebas. Agar tidak merusakn sturktur dan warna karpet, sebaiknya pilih pembersih yang berbentuk bubuk.

Tuang bubuk di atas noda permen karet dan diamkan sampai 30 menit. Lalu sikat menggunakan sikat gigi bekas.

4. Minyak Kayu Putih

Jika sudah membersihkan dengan 3 cara di atas, namun masih ada serpihan yang menempel, kamu bisa gunakan minyak kayu putih. Minyak kayu putih memiliki sifat pelumas dan bisa membantu melepaskan permen karet dari serat karpet.

Baca juga: Enggak Perlu Kamar Luas, Ini Tips Menata Kamar Bayi

5. Cuka Putih

Cuka putih juga ampuh menghilangkan permen karet yang menempel di karpet. Oleskan minyak aku putih pada noda permen karet dan biarkan selama beberapa menit lalu bersihkan menggunakan sikat dan air.

Penting diingat, semakin cepat noda permen karet dibersihkan, semakin mudah menghilangkannya.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono