I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

7 Tips Agar Tampil Percaya Diri di Kantor

author
Isna Triyono
Kamis, 24 Januari 2019 | 16:10 WIB
SHUTTERSTOCK |

Rasa percaya diri punya peranan penting dalam perkembangan kariermu di kantor.

Kamu masih suka grogi saat presentasi? Atau malu ketika diajak ngobrol dengan atasan soal segala hal?

Itu salah satu bentuk kamu belum cukup punya rasa percaya diri yang besar di kantro. Padahal, atasan dan rekan kerja biasanya lebih nyaman dan klik jika bekerja dengan orang yang penuh percaya diri.

Memupuk rasa percaya diri di kantor sebenarnya gampang kok. Kamu bisa megikuti tips berikut ini.

1. Fokus Pada Kelebihan

Kamu pasti punya kelebihan. Sekecil apapun, fokuslah pada kelebihanmu, misalnya kamu mudah bergaul, selalu ontime, atau jago bikin materi powerpoint yang kreatif dan menarik.

Dengan begitu, rasa percaya diri kamu akan terus muncul dan semakin besar. Kamu pun akan lebih bersemangat bekerja dan memberikan hasil maksimal.

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan dan Bisa Menghambat Karier

2. Buat Daftar Prestasi atau Pencapaian

Hal itu agar kamu selalu ingat bahwa kamu pun enggak kalah hebat dengan teman-teman yang lain. Dan hal itu bisa mem-boost kepercayaan diri kamu.

3. Perhatikan Penampilan

Hal kecil ini juga kadang luput diperhatikan, yaitu penampilan. Pakailah baju kantor yang layak dan membuat kamu nyaman bergerak. Enggak ada salahnya juga menambah asesori dan memoles wajah dengan make up tipis.

Dengan penampilan yang pantas, kamu akan memiliki percaya diri ketika tampil di hadapan teman kerja atau berbicara dengan atasan.

SHUTTERSTOCK |

4. Berhenti Bandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Selalu membandingkan diri kamu dengan orang lain, dalam hal apapun, justru makin membuat kamu minder. Padahal, siapa tahu teman yang kamu bandingkan itu juga iri terhadapmu.

Jadi berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain. Fokus pada kelebihan dan prestasimu agar kamu makin percaya diri.

5. Bergaul yang Sehat

Politik kantor selalu ada dimanapun kamu bekerja. Jangan terpancing untuk bergosip. Pandai-pandailah memilih teman agar kamu enggak terbawa energy negative mereka, yang misalnya selalu mengeluh soal kantor atau membicarakan keburukan atasan.

Bergaullah dengan orang-orang yang menularkan energi positif.

Baca juga: Kutu Loncat, Siapkan Jawaban Ini Saat Berhadapan dengan HRD Kantor Baru!

6. Bijaksana Hadapi Kritikan

Kritikan bisa mampir pada semua orang. Wajar kok. Kalau kamu yang giliran mendapat kritikan, respon dengan positif. Artinya itu masukan agar kita semakin baik. Ingat, enggak Cuma kita kok yang pernah dikritik.

7. Bangun Networking

Perluas pergaulanmu di luar kantor. Bangun networking yang luas. Banyak bergaul dengan teman, kamu pun akan semakin banyak mendapat masukan dan pelajaran yang membuat kariermu makin bersinar dan lebih percaya diri.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono