A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

5 Cara Agar ‘Bersinar’ Saat Rapat

author
Isna Triyono
Kamis, 7 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bagi sebagian karyawan, rapat adalah hal yang membosankan.

Padahal, rapat yang rutin diadakan oleh kantor bisa kamu manfaatkan untuk kemajuan karier kamu lo.

Nah, daripada ikut-ikutan teman malas menghadiri rapat, lebih baik manfaatkan rapat agar pihak kantor mempertimbangkan untuk mempromosikan kamu.

Berikut ini 5 cara yang bisa kamu lakukan agar menonjol saat rapat.

1. Selangkah Lebih Maju

Jika teman-teman lain hadir rapat hanya ‘setor muka’, kamu lakukan sebaliknya. Manfaatkan rapat sebagai peluang besar agar atasan sadar bahwa kamu berkualitas. Dan pantas terlibat dalam proyek selanjutnya.

Baca juga: 5 Tantangan Bekerja Dari Rumah dan Tips Menghadapinya

2. Dengarkan Pendapat Orang Lain

Meski rapat adalah kesempatan yang bagus untuk menunjukkan kualitasmu, tetap bersikaplah sopan. Misalnya mendengarkan pendapat orang lain atau tidak membicarakan orang lain.

Atasan sangat sadar bahwa yang layak dipromosikan jadi pemimpin adalah orang yang bisa mendorong semua tim untuk maju bersama.

SHUTTERSTOCK |

3. Jadi Bagian dari Diskusi

Dengan menyimak pembahasan materi rapat, kamu bisa lebih mengerti masalah apa yang sedang dibahas. Dengan begitu, kamu bisa menjadi bagian dari diskusi, bukan hanya peserta rapat yang pasif.

Baca juga: Punya Bawahan yang Lebih Senior? Ini Trik Menghadapinya

4. Bawa Ide Baru

Perusahaan selalu mencari cara untuk meningkatkan kinerja atau efisiensi kantor. Bawalah ide baru yang berkaitan dengan hal itu, meski tidak semua bisa direalisasikan. Ingatlah, tidak ada yang namanya ide yang jelek.

5. Mempersiapkan Diri

Usahakan sebelum rapat untuk selalu menyiakan diri, entah mempelajari materi rapat atau menyiapkan ide-ide cemerlang. Tulis ide atau gagasan yang akan kamu sampaikan dalam notes.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono