If you have never been hated by your child, you have never been a parent.
Bette Davis

5 Tips Memilih Partner Bisnis

author
Isna Triyono
Senin, 11 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Berbisnis terkadang lebih mudah jika dijalani bersama partner.

Seperti jodoh, partner bisnis juga harus memiliki kecocokan serta satu visi dan misi. Di tengah jalan pun, segala hal bisa terjadi termasuk pecah kongsi.

Puty Puar, illustrator, penulis buku, dan pebisnis online punya tips yang bisa kamu terapkan saat memilih partner bisnis.

1. Bisnis Bareng Teman, Asal…

“Meskipun teman atau sahabat, belum tentu kita cocok saat berbisnis bareng,” kata Puty.

Karena memilih partner bisnis, lanjut Puty, bukan hanya berdasarkan karena kenal aja. “Tetapi juga harus klop saat menjalankan bisnis, saling percaya, dan jujur. Dan itu hanya bisa diketahui dengan trial eror,” kata Puty.

Baca juga: Tips Keren Soal Bisnis Dari 9 Womenpreneur Dunia

2. Ada Hitam di Atas Putih

Hitam di atas putih ini harus dilakukan sebelum bisnis dimulai. Segala hal harus dijelaskan dalam surat perjanjian tersebut.

“Misalnya soal pembagian kerja, tugas dan tanggung jawab, masalah keuangan, dan yang terpenting cantumkan juga soal jika ke depannya terjadi sesuatu yang membuat pecah kongsi, apa hak dan kewajiban masing-masing pihak,” jelas ibu satu anak ini.

3. Saling Melengkapi

Pastikan partner bisnis punya sesuatu yang kita belum punya. Jika kita sangat menguasai produksi, pilih partner bisnis yang punya jam terbang tinggi untuk promosi dan penjualan. “Jadi kemampuan kita saling melengkapi.”

Baca juga: Tak Ada Kata Terlalu Tua Untuk Memulai Bisnis, Ini Alasannya

4. Kenali Background Bisnisnya

“Lebih baik kenali background bisnisnya, misalnya dia pernah berbisnis apa, bagaimana jalan bisnisnya, apakah dia pernah bangkrut. Semua informasi itu bisa jadi pertimbangan kita untuk menjadi rekan bisnis,” kata Puty.

5. Pilih yang Berpengalaman

Memilih partner bisnis yang berpengalaman membuat peluang bisnis yang akan dijalani bersama lebih sukses. Pasalnya, partner sudah punya modal untuk menjalankan bisnis dan kamu bisa mengikuti dan belajar juga darinya.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono