We may not be able to prepare the future for our children, but we can at least prepare our children for the future.
Franklin D. Roosevelt

Menurunkan Berat Badan Saat Menyusui

author
Isna Triyono
Selasa, 12 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Bisa menurunkan berat badan setelah melahirkan jadi impian semua perempuan.

Namun jika salah menerapkan diet, bisa-bisa produksi ASI-mu akan menurun. Ibu yang masih menyusui sebaiknya menemui dokter untuk mendapat aturan diet yang tepat dan tidak mengganggu produksi ASI.

Berikut ini, tips sederhana yang bisa mulai kamu coba untuk menurunkan berat badan saat menyusui.

1. Makan Teratur

Menyusui membutuhkan banyak energi. Tetaplah makan secara teratur untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan bayi. Jika kamu melewati satu jam makan, nafsu makan kamu justru akan semakin meningkat dan bisa mengganggu produksi ASI.

Baca juga: 10 Must-Have Items Untuk Ibu Hamil

2. Porsi Sedikit

Porsi makan kurangi sedikit demi sedikit. Jika masih merasa lapar, terutama setelah menyusui, kamu boleh makan lagi dengan porsi sedikit.

3. Snack Sehat

Di sela jam makan, kamu masih tetap bisa ngemil tapi dengan jenis cemilan sehat, misalnya buah-buahan.

SHUTTERSTOCK |

4. Air Putih

Perbanyak minum air putih. Selain bisa meningkatkan produksi ASI, minum air putih yang banyak juga membantu memperlancar metabolisme dan itu bisa membantu penurunan berat badan.

5. Olahraga Ringan

Lakukan olahraga ringan secara rutin, misalnya berjalan kaki selama 15-20 menit. Meski ringan, namun tetap bergerak bisa membuat berat badanmu cepat turun.

Baca juga: Tips Pumping Agar Stok ASI Melimpah

SHUTTERSTOCK |

6. Hindari Stres

Terlalu memikirkan berat badan, cenderung bisa membuat beberapa ibu stres. Alih-alih bisa menurunkan berat badan, stres justru bisa memicu penambahan berat badan. Berilah waktu pada tubuhmu, toh kamu baru melahirkan bayi yang lucu, wajar aja jika bentuk tubuhmu lebih berisi saat ini.

7. Konsisten

Konsisten melakukan tips di atas meski berat badanmu belum turun secara signifikan. Untuk ibu menyusui, sebaiknya penurunan berat badan selama satu bulan, tidak lebih dari 4 Kg. Setiap orang, besarnya penurunan berat badan berbeda-beda. Yang penting konsisten.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono