Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

Dating Online, Ikuti 5 Tips Ini

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 12 Februari 2019 | 20:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Mencari pasangan yang berjodoh itu tak selalu mudah. Kini, orang bisa mencari jodoh melalui internet. Tapi sebelum bertualang di dunia maya, simak tips berikut baik-baik, ya.

 

1. Buatlah profil secara detail 

Ketika membuat profil diri, sebutkan secara spesifik dan detail siapa diri kamu. Jangan hanya menulis suka traveling atau penyayang, misalnya, tapi cantumkan juga hobi dan minat. Biasanya, orang akan mencari pasangan yang memiliki kesamaan minat dan hobi, atau paling tidak bisa mengerti hobi yang ia tekuni. Banyak kejadian, pasangan yang sudah menikah ribut gara-gara pasangannya lebih sibuk dengan hobinya.

Baca juga: 8 Tanda Hubungan Tak Sehat

2. Cantumkan foto

Siapa, sih yang nggak mau melihat wajah calon pasangannya? Jadi, sertakan foto diri yang paling menarik. Kalau perlu jangan cuma satu, sertakan dua atau tiga foto sekaligus sehingga “gebetan” di seberang bisa lebih mengamati penampilanmu. Data menunjukkan, orang yang menyertakan foto sebadan lebih banyak menerima pesan hingga 3 kali dibanding mereka yang hanya menyertakan foto setengah badan.

3. Jujur, terutama soal umur, ya

Kejujuran menjadi hal terpenting ketika membuat profil diri. Salah satunya jujur soal umur yang sebenarnya. Terkadang orang menuliskan umur yang lebih muda di profil mereka. Padahal, umur hanyalah angka yang tak langsung menunjukan siapa diri kamu yang sebenarnya. Banyak orang berusia muda yang sikap dan perilakunya justru lebih tua dari usianya, dan sebaliknya. Jadi, biarkan keprbadian yang berbicara, bukan usia. Laguipula, jodoh tak kenal usia, bukan?

| SHUTTERSTOCK

4. Tak perlu cerita soal masa lalu bersama mantan

Ya, jangan sekali-sekali bercerita tentang masa lalu, khususnya tentang mantan. Nggak ada orang yang pengin mendengar hal-hal semacam itu di kencan pertama. Fokuskan pembicaraan pada siapa diri kamu dan apa yang kamu harapkan dari si dia.

5. Jangan abaikan faktor keamanan

Sebelum melakukan kencan di internet, pastikan bahwa kamu aman. Pilih situs kencan yang kredibel, hindari perkenalan di situs tak jelas atau media sosial. Jangan pernah memberikan alamat rumah atau alamat kantor.

Jika berniat ketemuan di darat, pilih lokasi yang ramai, jangan justru memilih tempat-tempat yang terpencil dan sepi. Beri tahu teman, dimana lokasi ketemuan, atau jika tak merepotkan, minta teman untuk mengawasi dari jauh. Jika kamu merasa tak nyaman, coba search namanya di Google. Jangan segan untuk membatalkan janji jika memang tak yakin.  

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro