You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Sebelum Sewa Baju Branded, Ini Yang Harus Kamu Perhatikan

author
Ratih Sukma Pertiwi
Sabtu, 16 Februari 2019 | 10:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tampil stylish dengan baju branded alias bermerek setiap hari tak lagi mahal dengan cara menyewa. Tertarik?

Siapa tak mau memakai baju keren setiap hari tanpa perlu sering-sering membeli baju baru? Ke kantor, arisan, hang out, atau pesta tak perlu pusing mikirin ‘pakai baju apa.’

Ya, kebutuhan kaum millennial untuk selalu tampil stylish, di dunia nyata maupun maya, inilah yang kemudian menciptakan tren bisnis penyewaan baju branded yang semakin berkembang.

Di luar negeri lini bisnis seperti ini sudah duluan populer. Sebut saja Rent The Runway di AS yang menyewakan lebih dari 50 ribu baju dan 10 ribu aksesori dari ratusan desainer top dunia.

Di Indonesia pun tempat penyewaan atau aplikasi rental pakaian semakin menjamur. Beberapa yang bisa kamu coba adalah Style Theory, The Dresscodes, Rent A Gown, BELSBEE, Foxxy, LOTA, dan sebagainya.

Baca juga: 7 Pilihan Sneakers Putih Untuk Tampilan Fashionable di Akhir Pekan

Nah, buat kamu yang tertarik mencoba, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar gaya kamu maksimal dan rupiah yang dikeluarkan pun tak sia-sia.

1.Jangan Mepet

Cari baju jauh-jauh hari agar kamu masih punya banyak pilihan.

2.Baca Review

Cari tempat penyewaan yang direkomendasikan. Baca review atau lebih baik lagi jika sudah ada keluarga atau teman yang mencoba.

3.Bandingkan Fasilitas

Sebelum memutuskan, bandingkan fasilitas pada beberapa tempat sewa. Cek apa saja kelebihan dan kekurangannya.

Misalnya dari segi kelengkapan koleksi, harga sewa, paket promosi, hingga kemudahan peminjaman dan pengembalian. Sebagai informasi, harga sewa baju rata-rata dipatok 15-20% dari harga retail baju tersebut.

SHUTTERSTOCK |

4.Baca Peraturan

Baca persyaratan atau peraturan dengan teliti sebelum mengklik “agree”. Misalnya, jika ternyata kamu terlambat mengembalikan, berapa biaya penggantiannya. Atau, sejauh mana kerusakan barang yang harus diganti.

5.Durasi Peminjaman

Cek berapa lama durasi peminjaman maksimal. Sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Baca juga: Inspirasi Busana Kerja: (Red) Dress For Success

6.Keterangan Baju

Teliti membaca keterangan baju, misalnya bahan dan ukuran, agar baju sesuai keinginan dan nyaman dipakai.

7.Kondisi Baju

Cek kondisi baju yang disewa. Jangan sampai menerima baju yang rusak. Selain bermasalah ketika dipakai, bisa jadi kamu kena biaya ganti rugi.

8.Paket Langganan

Jika kamu membutuhkan peminjaman dalam jangka waktu lama, tanyakan apakah ada paket berlangganan yang biasanya akan lebih murah.

9.Kualitas Kebersihan

Cek apakah kualitas kebersihan baju terjamin. Biasanya tempat penyewaan yang baik menggunakan layanan cuci premium yang dijelaskan secara transparan.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi