Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

Menentukan Harga Jual, Ini 5 Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 19 Februari 2019 | 14:05 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menentukan harga jual produk merupakan salah satu tahap bisnis yang harus diperhatikan. Kejelian dan perhitungan berapa harga yang tepat untuk produk atau jasa yang ditawarkan sangat berpengaruh terhadap laku-tidaknya produk tersebut di pasaran yang dibidik. Nah, 5 hal di bawah harus diperhatikan saat menentukan harga jual.

1. Biaya

Pertama dan yang paling penting, kamu harus tahu posisi keuangan. Sebelum menentukan harga produk, hitung lebih dulu berapa cost yang dikeluarkan, termasuk fixed cost (pengeluaran bulanan) dan direct cost (biaya produksi). Dari situ akan terlihat berapa besar biaya yang harus dikeluarkan untuk menghasilkan sebuah produk.

Baca juga: Coba Yuk, 9 Langkah Memulai Bisnis Online

2. Konsumen

Pengusaha harus tahu apa yang diinginkan konsumen dari produk yang ditawarkan. Apakah konsumen tertarik pada harga murah atau servis yang mereka terima? Mana yang lebih mereka utamakan? Lihat juga apa yang ditawarkan? Informasi ini akan membantu menentukan apakah harga jual yang ditawarkan sudah tepat, begitu juga target marketnya. Bisa saja target market yang dibidik tidak tepat sehingga produk tidak laku.

3. Positioning

Begitu siapa konsumen dari produk diketahui, tentukan positioning brand di market place. Apakah menjadi yang termahal, termewah, canggih, paling murah, dan sebagainya. Positioning ini juga menjadi bahan pertimbangan saat menentukan harga produk.

| SHUTTERSTOCK

4. Kompetitor

Salah satu cara untuk menentukan harga produk adalah dengan mengintip siapa kompetitor kita. Apa yang mereka tawarkan, berapa harga yang mereka tawarkan, benefit apa saja yang mereka berikan dengan harga segitu, segmen pasar mana yang mereka bidik, dan dimana positioning mereka?

Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu membandingkan dan menentukan harga jual produk.

5. Keuntungan

Salah satu pertanyaan yang tak boleh dilewatkan oleh pemilik bisnis adalah, “Berapa target keuntungan yang ditargetkan?” Mereka harus menentukan target keuntungan yang dipatok sebelum menentukan harga jual produk yang ditawarkan.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro