For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

7 Cara Merawat Kasur Agar Tidur Nyenyak

author
Isna Triyono
Jumat, 22 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kasur yang nyaman sangat berpengaruh pada kualitas tidur kita.

Sayangnya, banyak orang yang menganggap sepele merawat kasur. Alasannya, mungkin karena repot dan sering terlupakan.

Padahal, cara merawat kasur enggak susah lo. Seperti tips berikut ini.

Baca juga: 5 Tips Memilih Bantal Sofa

1. Rotasi Kasur

Putar kasur, baik rotasi bagian atas dan bawah ataupun bagian kepala dan kaki. Rotasi kasur ini berguna untuk meratakan bagian kasur. Agar yang dipakai tidak hanya di satu sisi saja, tetapi rata di semua sisi pernah terpakai. Merotasi kasur ini sebaiknya dilakukan 3 bulan sekali atau lebih.

2. Jangan Duduk di Satu Sisi Pinggir Kasur

Secara enggak sadar, kamu mungkin selalu duduk di satu sisi pinggir kasur. Jika kebiasaan ini selalu dilakukan, makan ‘spot’ favorit’ kamu itu akan lebih melengkung dibanding bagian kasur lainnya. Usahakan untuk menggunakan bagian kasur secara merata.

SHUTTERSTOCK |

3. Hindari Melompat di Atas Kasur

Mungkin ini kegiatan favorit anak-anak di rumah. tapi melompat di atas kasur akan mengubah bentuk pegas di dalamnya. Jika terus dilakukan, enggak heran kalau pegas mudah rusak dan permukaan kasur tidak rata lagi.

4. Hindari Terkena Air

Terkena air akan membuat kasur lembap, bernoda, dan jadi tempat jamur berkembang biak. Jika terjadi secara terus-menerus, permukaan kasur akan bergelombang. Sebaiknya, sebelum menggunakan sprei, lapisi permukaan kasur dengan penutup anti air.

5. Vaccum dan Sapu

Bersihkan permukaan kasur dan sisi-sisinya menggunakan sapu lidi setiap kamu ingin tidur. Jangan lupa satu minggu sekali untuk mem-vaccum setiap bagian kasur untuk menghilangkan debu secara menyeluruh.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Dihindari Untuk Kamar Tidur Menurut Feng Shui

SHUTTERSTOCK |

6. Gunakan Baking Soda

Jika kamu mencium ada aroma kurang sedap dari bagian kasur, segera taburkan baking soda dan diamkan selama 20 menit. Kemudian gunakan vaccum cleaner untuk mengangkat bubuk baking soda. Nikmati tidur tanpa bau yang aneh.

SHUTTERSTOCK |

7. Air Sabun Hangat

Kamu menumpahkan sesuatu di atas kasur dan meninggalkan noda? Gunakan air sabun hangat untuk membersihkannya tetapi jangan sampai membuatnya semakin basah. Biarkan hingga area tersebut benar-benar kering sebelum ditutup dengan sprei.

Meski sudah dirawat, kasur juga memiliki batas usia. Biasanya 8-10 tahun. Salah satu tanda kamu harus membeli kasur baru adalah ketika setiap bangun tidur, kamu merasa punggungmu sakit atau pegal.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono