I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

7 Langkah Mudah Memandikan Bayi

author
Isna Triyono
Senin, 25 Februari 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Memandikan bayi bisa dibilang pekerjaan yang bikin khawatir sekaligus menyenangkan.

Bikin khawatir terutama bagi kamu yang baru punya anak pertama. Memandikan bayi mungil, pasti ada khawatir jatuh atau hal lainnya.

Tapi semua akan lancar karena jam terbang kamu memandikan bayi. Berikut ini tips memandikan bayi yang aman.


1. Jika bayi mandi menggunakan bak mandi pastikan suhu airnya pas, tidak terlalu panas atau dingin.

Baca juga: Ini Cara Mudah Melatih Kemampuan Sosial Bayi

SHUTTERSTOCK |

2. Sebelum membawa bayi ke bak mandi, siapkan dulu segala perlengkapan untuk diletakkan di dekatmu, misalnya sabun, sampo, dan handuk sehingga kamu enggak perlu bolak-balik lagi.

3. Untuk bayi baru lahir, sebaiknya tidak langsung dimasukkan ke dalam bak mandi tetapi dilap menggunakan washlap basah. Sabuni dan beri shampoo lalu kemudian masukkan bayi perlahan ke dalam bak mandi.

4. Pastikan leher belakang bayi berada di bagian lenganmu sehingga jari dan telapak tanganmu bisa memegang bagian ketiak bayi dari arah belakang.

SHUTTERSTOCK |

5. Mulailah membersihkan bayi dengan lap basah dimulai dari bagian wajah, leher, dan telinga. Pada prinsipnya, yang dibersihkan adalah bagian atas tubuh bayi lalu turun ke bawah. Bagian pantat dan kelamin dibersihkan paling terakhir.

Baca juga: 5 Cara Mengecek Bayi Demam Tanpa Termometer

SHUTTERSTOCK |

6. Setelah semua dibersihkan menggunakan sabun lalu bilas. Caranya menggunakan telapak tangan untuk mengambil air sehingga jumlah air yang disiramkan tidak terlalu banyak.

7. Keringkan bayi menggunakan handuk lembut dan jangan lupa untuk diberi losion atau minyak telon agar bayi merasa hangat kembali.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono