I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Si Hitam Charcoal Dengan Segudang Manfaat

author
Isna Triyono
Minggu, 3 Maret 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Saat ini semakin banyak produk perawatan kecantikan dan kesehatan menggunakan bahan charcoal atau arang aktif.

Apa sebenarnya charcoal itu dan apa aja manfaatnya?

1. Tidak ada yang tahu kapan persisnya penggunaan charcoal, tetapi sebagai pemurni air, charcoal sudah digunakan 400 SM ketika Hindu dan Fenisia menggunakan arang dalam tong sebelum mengisinya dengan air.

Baca juga: Ups, 5 Zodiak ini Punya Kecenderungan Selingkuh

SHUTTERSTOCK |

2. Charcoal kemudian digunakan secara luas sejak abad ke-19 setelah diketahui memiliki sifat penangkal racun yang efektif. Para ilmuwan kemudian melalukan penelitian lebih jauh untuk membuktikan kekuatannya sebagai obat.

3. Charcoal aktif berbentuk bubuk halus, tidak berbau, dan tidak berasa, yang biasanya terbuat dari batok kelapa.

4. Charcoal memiliki banyak manfaat antara lain mengobati overdosis dan racun, menghilangkan gas, virus, dan bakteri. Sebagai pengobatan luar, charcoal dicampur air bisa mengurangi rasa sakit, gatal, dan gigitan atau sengatan hewan.

5. Charcoal juga bisa memutihkan gigi dan menghilangkan noda. Enggak heran saat ini banyak pasta gigi menggunakan charcoal sebagai salah satu bahannya.

Baca juga: Fakta Menarik Tentang Bayi Bisa Berjalan Untuk Pertama Kalinya

SHUTTERSTOCK |

6. Sebagai masker wajah, charcoal bisa mengangkat sel kulit mati dan komedo.

7. Minum satu kapsul charcoal 30 menit sebelum minum minuman berakohol untuk mencegah perutmu bebas racun dan mabuk yang berlebihan di pagi harinya.

8. Arang aktif mencegah kerusakan sel pada ginjal dan hati yang penting untuk memperlambat proses penuaan. Arang juga membuat kelenjar adrenalin yang sehat.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono