There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

Si Dia Terlalu Mengontrol Hidupmu. Apa Tanda-Tandanya?

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 5 Maret 2019 | 22:15 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tak ada perempuan yang tak suka diperhatikan. Tapi jika pasangan terlalu perhatian bahkan cenderung mengontrol hidup kamu, sebaiknya pikir ulang untuk berkencan dengannya. Apa saja tanda-tanda si dia sudah terlalu mengontrol hidupmu?

 

1. Merasa berhak mengecek ponsel

Jika ini yang terjadi, artinya lampu merah. Bisa jadi dia merasa tak percaya dan berhak tahu semua yang ada di ponselmu, mulai chat, email, foto, call history, dan lainnya. Katakan bahwa kamu tak suka ia terlalu mengontrol ponselmu. Tapi jika dia bilang dia wajib tahu, say goodbye saja, deh.

2. Ikut campur soal pakaian

Kamu merasa belakangan tak lagi punya otoritas memilih gaya berpakaian karena dia selalu ikut campur dan cenderung mendikte baju mana yang harus dipakai dan mana yang tidak boleh dipakai. Jika ini yang terjadi, pikir ulang apakah mau seumur hidup terlalu dikontrol?

Baca juga:  8 Tanda Dia Tak Cocok Jadi Pasangan Hidup Kamu

3. Mendominasi keputusan

Seringkali orang menyerahkan keputusan kepada pasangannya di awal-awal menjalin hubungan asmara. Tapi jika akhirnya semua keputusan didominasi oleh si dia dan kamu tak lagi punya wewenang membuat keputusan, misalnya mau makan malam dimana, rencana kumpul-kumpul bareng teman SMA, dan sebagainya, bisa jadi pasangan kamu memang orang yang suka mengontrol.

4. Melarang makan ini-itu

Pola makan kita, kita sendirilah yang menentukan mau makan apa, mau makan dimana, masak sendiri atau beli, dan sebagainya. Tapi jika dia ikut campur dan melarang kamu makan ini-itu, rasanya itu sudah berlebihan. Kalau urusan makan saja harus diatur, bisa jadi dia bakal mengontrol hidupmu seumur hidup.

| SHUTTERSTOCK
5. Cemburu berlebihan

Cemburu boleh-boleh saja dan biasa dalam sebuah hubungan cinta. Tetapi jika dia cemburu berlebihan dan cenderung obsesif, bahkan kepada sahabat laki-laki yang sudah kamu kenal sejak kecil, jelas ini tidak sehat. Ini menunjukkan bahwa dia merasa tak aman dan bahkan untuk berbicara dengan sahabatmu pun nggak bakalan mau.

6. Semua hal harus konsultasi ke dia

Berdiskusi atau memberikan saran tentu baik karena itu berarti dia perhatian. Tetapi kalau semua urusan kamu harus berkonsultasi dulu kepadanya, jelas ini menandakan bahwa dia seorang yang suka mengontrol pasangannya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro