Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Menjadi Orangtua Yang Baik, Ini 6 Tandanya

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 6 Maret 2019 | 17:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Menjadi orangtua adalah pekerjaan yang bisa dibilang tak ada ilmunya. Di bawah ini 6 tanda orangtua yang baik dan berhasil mengasuh dan membesarkan anak.  

 

1. Bisa menerima kegagalan

Setiap orangtua pasti tak ingin melihat anaknya gagal atau terluka. Padahal, gagal tak selalu buruk, bahkan bisa positif. Kegagalan mengajarkan arti tak mudah menyerah dan kerja keras. Tentu saja, setelah kegagalan, orangtua mengajak anak berdiskusi tentang kegagalan yang dialami dan apa yang bisa dipetik dari kegagalan itu.

2. Anak bebas menentukan pilihan

Orangtua pasti bangga ketika anak mengikuti apa yang ada pada mereka, misalnya sama-sama suka olahraga. Namun, memberi anak kebebasan untuk menentukan pilihan sendiri merupakan tanda bahwa kita berhasil menjadi orangtua. 

Baca juga: 7 Alasan Mencoba Baby Led Weaning

3. Menghentikan kebiasaan tak baik

Setiap orang memiliki kebiasaan buruk, begitu pun orangtua. Ketika punya anak, orangtua yangbaik pasti akan memberikan contoh atau pengaruh baik kepada anak-anak mereka. Misalnya, seorang ayah berhenti merokok, lebih giat berolahraga, tak lagi asyik dengan hobi mereka saat di kecil hadir ke dunia.

4. Salah itu biasa

Manusia adalah makhluk tak sempurna yang sering melakukan kesalahan. Begitu juga orangtua. Justru dari kesalahan itu, kita belajar untuk tidak mengulang dan melakukannya lebih baik lagi. Nah, orangtua yang sukses adalah mereka yang bisa menerima kesalahan yang dilakukan anaknya.

| SHUTTERSTOCK
5. Menerapkan aturan

Sering, kan kita dengar anak-anak marah kepada orangtua karena dilarang melakukan ini-itu? Apa yang dilakukan anak ini bisa jadi justru menunjukkan bahwa orangtua berhasil membuat aturan dan batas bagi anak, serta menerapkan konsekuensi ketika anak melanggar aturan tersebut. 

6.Anak-anak mandiri

Untuk mencari tahu apakah kita sudah menjadi orangtua yang baik adalah ketika anak-anak melakukan hal-hal yang sudah orangtua ajarkan ketika orangtua tak ada di samping mereka. Misalnya merapikan mainan sendiri, belajar tanpa disuruh, dan sebagainya.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro