I think a lot about teaching my kids to work hard. I’ve learned something about kids ? they don’t do what you say; they do what you do.
Jennifer Lopez

Kualitas Hubungan Bisa Dilihat Dari Bahasa Tubuh, Bagaimana Dengan George Clooney-Amal?

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 7 Maret 2019 | 20:12 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Hati jutaan orang patah ketika aktor George Clooney dan Amal menikah tahun 2014 silam. Keduanya pun dinobatkan sebagai salah satu pasangan paling romantis. Tiga tahun kemudian mereka dikaruniai anak kembar Ella dan Alexander. Masihkah keduanya tetap romantis dan serasi? 

Lilian Glass, Ph.D, pakar bahasa tubuh dan konsultan pernikahan menilai pasangan yang dijuluki Raja dan Ratu Lake Como ini tampil mesra hanya demi “kebutuhan kamera” semata. Artinya, mereka hanya tampil mesra ketika ada banyak kamera mengarah kepada mereka. Benarkah? Dikutip dari womenshealthmag.com, Glass menunjukkan beberapa bahasa tubuh George dan Amal saat tampil di depan publik.

 

| Frazer Harrison | GETTY IMAGES
 1. Sadar jadi pusat perhatian

Foto ini diambil ketika George baru saja menerima Life Time Achievement Award dari American Film Institute. Meskipun George dan Amal terlihat bahagia, menurut Glass sebetulnya tidak seperti itu. Buktinya, kata Glass, “Tangan Amal yang mengepal terlihat menempel di dada George. Mereka melakukan itu bukan karena mesra tetapi karena itu yang seharusnya dilakukan pasangan yang romantis. Sementara bahu Amal juga terlihat menjauh dari George dengan senyum yang terlihat “dibuat-buat.”

 

| Kevin Mazur | GETTY IMAGES
2. Semua mata tertuju pada mereka

Mirip foto pertama, foto ini diambil pada event yang sama. Kelihatannya George dan Amal sangat romantis, ya, padahal, kata Glass, pose ini seperti diatur sedemikian rupa. Kedua pasangan ini tahu betul bahwa semua mata tertuju kedua mereka malam itu, jadi mereka harus tampil manis.

 

| Samir Hussein | GETTY IMAGES
3. Tahu betul bagaimana harus tampil romantis

“Mereka terlihat berpose untuk kamera,” kata Glass mengomentari momen ketika George dan Amal hadir pada pesta pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle beberapa waktu lalu. “Tubuh keduanya sangat berjarak, yang menunjukkan bahwa mereka tidak terhubung,” kata Glass. Tangan George yang masuk ke dalam saku celana (magazine pose) menunjukkan betapa penampilan mereka begitu diatur untuk kepetingan kamera.

 

| Valery Hache | GETTY IMAGES
4. Langkah tidak sinkron

Penampilan George dan Amal saat Cannes Film Festival 2016 ini terlihat romantis. Tapi menurut Glass sebaliknya. “Meski George terlihat menarik tubuh Amal mendekat, langkah kaki mereka terlihat tidak sinkron, yang menunjukkan bahwa keduanya tidak fokus pada pasangannya. Mereka juga terlihat menundukkan wajah ketimbang saling bertatap mata,” tambah Glass.

 

| Ray Tamarra | GETTY IMAGES
5. Genggaman tangan dipaksakan

Glass mengatakan foto ini mengambarkan betapa George dan Amal tidak terhubung satu sama lain. Itu terlihat dari cara George menggenggam tangan Amal. Jari tangan Amal terlihat tidak menyatu dengan jari-jari George, sementara George juga tampak tidak terganggu oleh “keengganan” Amal. “Cara menggenggam ini bukan genggaman tanda cinta tetapi lebih karena ia harus menggenggam tangan Amal.” 

Jadi, kamu percaya Glass atau pasangan George - Amal? 

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro