A father holds his daughter’s hand for a short while, but he holds her heart forever.
Unknown

DIY Masker Wajah Sesuai Jenis Kulit

author
Ratih Sukma Pertiwi
Minggu, 10 Maret 2019 | 17:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Akhir pekan luangkan waktu untuk memanjakan diri dengan masker wajah buatan sendiri sesuai jenis kulitmu.

Kulit Kering: Masker Madu dan Avokad

Madu mengandung pelembap, anti-inflamasi, antibakteri. Sedangkan avokad mengandung minyak alami yang menghaluskan kulit.

Campur ¼ daging avokad, 1 sendok teh madu, dan 1 sendok teh minyak zaitun. Ratakan pada wajah, diamkan 20 menit, bilas hingga bersih.

Kulit Berminyak: Masker Bentonite Clay dan Green Tea

Bentonite clay efektif menyerap kelebihan minyak pada kulit wajah, sedangkan green tmemiliki sifat anti-inflamasi.

Campur 2 sendok makan larutan green tea dan 2 sendok makan bentonite clay hingga menjadi pasta. Oles merata pada wajah, diamkan 15 menit, bersihkan dengan air hangat.

Baca juga: Sunscreen Sekaligus Makeup Base? Ini 6 Pilihan Favoritnya

Kulit Sensitif: Masker Teh Mentimun Madu

Madu dan mentimun bersifat melembapkan, kaya antioksidan, dan tidak membuat iritasi. Tambahkan dengan teh hitam yang bersifat antiradang.

Masukkan irisan tipis mentimun ke dalam campuran 1 cangkir teh hitam dan 1 sendok makan madu. Diamkan selama 10 menit. Letakkan irisan mentimun pada kulit wajah hingga merata, diamkan 20 menit. Bilas wajah dengan air hangat.

Kulit Acne Prone: Masker Blueberry Yoghurt Madu

Blueberry dan yoghurt mengandung Alpha Hydroxyl Acid (AHA), sedangkan madu bersifat antiseptik. Paduan ketiganya akan mematikan bakteri penyebab jerawat dan meredakan peradangan.

Campur 1.3 cangkir bluberry, 2 sendok makan yoghurt, 1 sendok makan tepung beras, 1 sendok teh madu. Ratakan pada wajah dan biarkan selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Kulit Kusam: Masker Pisang Oat

Kulit kusam butuh eksfoliasi agar sel-sel kulit matinya terbuang. Oat berperan sebagai scrub alami, sementara pisang sebagai pelembap alami yang kaya vitamin C untuk mencerahkan kulit. Untuk pemilik kulit kusam plus acne prone, tambahkan full-fat yogurt yang kaya lactic acid.

Campur 2 sendok makan oat, 1 sendok teh madu, setengah buah pisang, dan 1 sendok teh full-fat yogurt (jika diperlukan).  Oles merata pada wajah, lalu gosok perlahan dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat dan gunakan pelembap.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi