Too much love never spoils children. Children become spoiled when we substitute presents for presence.
Anthony Withman

5 Kebiasaan Sehat Yang Wajib Dilakukan Milenial

author
Hasto Prianggoro
Senin, 11 Maret 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Generasi milenial tak lepas dari perkembangan teknologi dan internet yang sangat cepat. Akibatnya, gangguan kesehatan menjadi salah satu ancaman yang harus mereka hadapi. Nah, 5  kebiasaan di bawah ini membantu milenial menjaga kesehatan fisik dan mental. 

 

1. Mematikan smartphone

Milenial tak bisa lepas dari smartphone. Membuka email, browsing berita, update status, tanpa sadar mengubah milenial menjadi generasi indoor. Coba matikan smartphone, istirahatkan otak, jalan-jalan keluar rumah, bertemu teman-teman atau menikmati kehidupan sosial. Lakukan seminggu sekali, akhir pekan misalnya, untuk membantu menjaga kesehatan mental dan fisik.

2. Jangan duduk terus

Kaki seharian terbungkus sepatu dan tak pernah beranjak dari kursi, entah di kantor maupun di kafe selama berjam-jam menyebabkan terganggunya sirkulasi darah. Akibatnya muncul keluhan otot kaki tegang, nyeri punggung dan pinggang. Lakukan olahraga ringan di kantor, berdiri dari tempat duduk, lalu lakukan stretching beberapa menit. Lakukan hal serupa setiap bangun pagi.

Baca juga: 5 Gaya Milenial Yang Harus Diketahui Para Pebisnis

3. Ikuti Aturan 60/60

Milenial juga tak bisa lepas dari headphone atau earphone. Mendengarkan musik lewat headphone pada volume maksimal bisa menyebabkan gangguan pendengaran, bahkan  kehilangan pendengaran. Ikuti aturan 60/60, yaitu putar musik pada volume tak lebih dari 60% Selama tak lebih dari 60 menit agar terhindar dari gangguan pendengaran.

4. Matikan ponsel

Saat tidur, matikan atau setel ponsel pada mode silent. Tidur yang berkualitas dan cukup sangat perlu untuk menjaga kesehatan fisik dan mental. Mematikan ponsel bisa mengurangi gangguan saat kita tidur sehingga membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

| SHUTTERSTOCK
5.Bawa bekal dari rumah

Satu lagi kebiasaan yang bisa membantu menjaga kesehatan generasi milenial adalah menjaga pola makan. Bawalah bekal sendiri saat ke kantor ketimbang makan di luar yang belum tentu terjamin higienitasnya. Tak perlu memasak makanan yang rumit-rumit. Selain lebih sehat, membawa bekal juga mengurangi pengeluaran sat kita makan di restoran.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro