To her, the name of father was another name for love.
Fanny Fern

Jadikan Membaca Sebagai Kebiasan, Ini 6 Tipsnya

author
Hasto Prianggoro
Senin, 11 Maret 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Kebiasaan membaca tidak datang begitu saja melainkan harus dibentuk dan dibiasakan. Peran orangtua sangat penting agar anak suka membaca buku. Berikut 6 tipsnya:

 

1. Pilih buku yang sesuai

Anak akan lebih suka buku bacaan yang mudah ia mengerti. Jadi, pilih buku bacaan yang sesuai dengan usia dan perkembangan anak. Buku huruf dan angka bergambar, misalnya.

2. Jadikan kebiasaan

Jadikan membaca sebagai kebiasaan, kalau perlu buat jadwal membaca seluruh keluarga. Tak perlu lama-lama, cukup 30 menit per hari pada awal-awal, lalu meningkat sedikit demi sedikit. 

3. Perkaya kosa kata anak

Semakin banyak kosa kata yang dikuasai anak, makin mudah bagi anak untuk mencerna sebuah buku/cerita. Cara termudah meningkatkan kosa kata anak adalah dengan membacakannya cerita atau mengajaknya ngobrol. Gambarkan semua hal yang terjadi di sekitar anak, misalnya warna, bau, rasa, dan sebagainya. Beri respons setiap kali anak mengajak berbicara. 

 

Baca juga: Pentingnya Membacakan Anak Buku, Ini 6 Tipsnya

 

4. Matikan TV

Batasi waktu menonton TV atau video, ganti dengan aktivitas lain yang lebih melibatkan kemampuan kognitif anak termasuk membaca, menyanyi, atau berbicara. Di usia 2 atua 3 tahun waktu menonton TV yang disarankan adalah kurang dari 2 jam sehari. 

5. Bicarakan isi buku

Diskusikan buku atau cerita yang telah dibacakan atau dibaca anak. Ini akan membuat anak merasakan kepuasan karena mengetahui cerita dari buku yang ia baca. Mulailah dengan membicarakan karakter, misalnya “Kamu suka karakter yang mana?” Lalu bantu anak untuk mengaitkannya dengan kehidupannya sehari-hari seperti, “Apa yang kamu lakukan kalau mengalami hal seperti itu?” 

6. Beri perhatian penuh

Jadikan waktu membaca sebagai pengalaman positif anak dengan memberi perhatian penuh ketika anak membaca. Hindari membuka ponsel atau menonton TV di depan anak yang sedang membaca. Orangtua sebaiknya juga tidak memaksa anak untuk membaca jika anak erlhat sudah bosan. Hentikan lebih dulu, baru lanjutkan manakala ia ingin melanjutkan. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro