Keep your face always toward the sunshine, and shadows will fall behind you
Walt Whitman

Kulit Wajah Sensitif, Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Tidur

author
Ratih Sukma Pertiwi
Selasa, 12 Maret 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Tidak cukup hanya membersihkan wajah sebelum tidur untuk merawat kulit wajah sensitif.

Kulit wajah sensitif cenderung mudah iritasi, terbakar, gatal, kemerahan. Dikutip dari www.marieclaire.com, statistik menunjukkan semakin banyak perempuan yang memiliki kulit sensitif sehingga harus lebih selektif memilih produk skincare yang dipakai sehari-hari, terlebih ketika menjelang tidur.

“Kita menghabiskan sepertiga hidup setiap hari untuk tidur. Jadi kalau kamu tidak merawat kulit di malah hari, sayang banget,” ujar dermatologis Vivian Shi dari Universitas Arizona.

Baca juga: 5 Langkah Perawatan Kulit Sensitif

Apa saja perawatan yang disarankan untuk kulit wajah sensitif?

1.Pembersih Lembut

Gunakan losion soap-free atau pembersih bertekstur krim yang lembut. “Krim pembersih tidak banyak menghasilkan busa, jadi tidak akan menghilangkan minyak dari kulit,” jelas Shi.

Pijat perlahan pada kulit wajah, dari bagian dahi ke bawah, lalu bilas hingga benar-benar bersih. Hasilnya, kulit terasa lebih lembut dan kotoran pun terangkat.

SHUTTERSTOCK |

2.Manjakan Area Mata

Area mata memiliki kulit yang sangat tipis dan sensitif sehingga sangat butuh perawatan. Gunakan krim mata untuk melembapkan setiap malam.  Pilih yang formulanya ringan dan hypoallergenic yang melindungi area mata.

Ingin tahu cara memakai krim mata yang tepat? “Oles sebelum kamu memakai pelembap wajah agar penetrasinya lebih efektif. Jangan digosok, cukup ditepuk perlahan dengan jari dan biarkan krim mata meresap ke dalam kulit,” tambah Shi.

Baca juga: Mata Gatal dan Merah Setiap Pakai Maskara? Ini Penyebabnya

3.Kunci Kelembapan

Pada malam hari mekanisme perlindungan kulit alami tidak seefektif pada  siang hari. Artinya kulit butuh perlindungan ekstra di malam hari. Gunakan pelembap dengan kandungan bahan yang menenangkan seperti rice extract, aloe vera, dan natural oil, misalnya sunflower seed oil.

SHUTTERSTOCK |

4.Udara Bersih

Pastikan udara di daam kamar bebas debu. Kamu bisa mencoba menggunakan air filter atau air purifier.

Baca juga: Sama-sama Bersihkan Udara di Rumah, Apa Beda Air Purifier dan Air Humidifier?

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi