When I come home, my daughter will run to the door and give me a big hug, and everything that’s happened that day just melts away.
Hugh Jackman

7 Tips Merapikan Isi Kulkas

author
Isna Triyono
Selasa, 12 Maret 2019 | 18:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Mengatur isi kulkas mungkin bukan salah satu prioritas kamu. Padahal, rutin mengecek dan membereskan isi lemari es sangat penting lo.

Salah-salah, sisa makanan yang kamu simpan kedaluwarsa karena tidak terlihat atau bahan makanan rusak karena salah penyimpanan.

Berikut tips merapikan isi lemari es.

1. Kosongkan Isi Kulkas

Keluarkan semua barang yang ada di dalam kulkas, lalu buang yang sudah kedaluwarsa dan tidak terpakai. Bersihkan semua bagian dalam kulkas dengan lap bersih.

Baca juga: 5 Ide Menghias Dinding

2. Hindari Kontaminasi Silang

Simpan daging mentah (yang dalam waktu dekat akan dimasak) di rak terendah agar tidak ada air yang menetes ke barang lainnya dalam kulkas.

Jika ada rak sayuran dan buah di bagian bawah, pastikan membungkus daging mentah dengan sangat rapat.

SHUTTERSTOCK |

3. Isi Rak Atas

Rak atas sebaiknya untuk menyimpan makanan sisa (yang bisa dimakan lagi), yang sudah dimasak, minuman dan makanan kemasan.

Barang-barang tadi sudah dimasak sehingga enggak perlu khawatir tumpah dan tumpahannya mengenai barang-barang di rak bawah.

4. Menyimpan Sisa Makanan

Luangkan waktu untuk memindahkan sisa makanan ke dalam wadah plastik BPA free transparan agar bisa terlihat. Makanan yang ‘tidak terlihat’ akan mudah kamu lupakan. Dan pada akhirnya akan membusuk di dalam kulkas.

Baca juga: 5 Tips Ruang Kerja di Rumah Ala Puty Puar

SHUTTERSTOCK |

5. Buah dan Sayur

Simpan buah dan sayur di rak yang sejuk agar selalu fresh. Sebaiknya simpan buah dan sayur dalam keadaan utuh.

Hindari menyimpan buah dan sayur yang sudah dikupas atau dipotong karena kondisinya bisa terpapar bakteri.

6. Penyimpanan yang Tepat

Pintu kulkas adalah daerah yang paling tinggi suhunya. Kamu bisa menyimpan bumbu, saus, mentega, atau keju di sana tetapi bukan susu atau jus segar.

Minuman yang rentan terhadap perubahan suhu seperti susu dan jus segar sebaiknya disimpan di rak bawah di bagian dalam karena di situlah bagian yang paling dingin.

Telur disimpan di bagian yang paling konsisten suhunya, yaitu di rak bagian tengah.

SHUTTERSTOCK |

7. Jangan Terlalu Penuh

Ketika isi terlalu penuh, udara sejuk tidak dapat bersirkulasi dengan baik di seluruh lemari es dan barang dan makanan akan rusak lebih cepat.

Isi yang terlalu penuh juga tidak bisa menyimpan barang-barang tetap dingin dan segar.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono