Some women choose to follow men, and some women choose to follow their dreams. If you’re wondering which way to go, remember that your career will never wake up and tell you that it doesn’t love you anymore.
Lady Gaga

Pengin Anak Sukses, Ikuti 10 Tips Berikut

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 14 Maret 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Setiap orang tua pasti memiliki cara masing-masing dalam mendidik dan membesarkan anaknya. Di bawah ini 10 hal yang bisa dilakukan orang tua agar si Kecil menjadi anak yang sukses kelak.  

 

1. Ajak traveling

Ajak si Kecil traveling ke berbagai tempat, kenalkan dengan beragam budaya dan manusia. Ini akan membuat anak tumbuh sebagai orang yang memiliki pengalaman dan wawasan luas. 

2. Dorong anak agar suka belajar

Anak yang suka membaca dan belajar akan berkembang menjadi anak yang punya rasa ingin tahu yang besar dan mengenal dunia melalui pengalaman dan pengetahuan mereka.

3. Beri contoh berbuat kebaikan

Anak yang baik lahir dari contoh dan perilaku yang ditunjukkan orang tua dan orang-orang di sekelilingnya.

| SHUTTERSTOCK
4. Biarkan anak mengikuti passion mereka

Anak-anak akan berkembang sesuai minat dan keterampilan yang mereka miliki. Orang tua sebaiknya tidak “memaksa” anak mengikuti semua kemauan mereka. Biarkan anak menemukan sendiri passion mereka, sekalipun berbeda dengan keinginan orang tua.

5. Dekat dengan keluarga

Anak-anak sukses biasanya memiliki hubungan yang hangat dengan keluarga di rumah. Orang tua harus mau meluangkan waktu untuk anak, berinteraksi dan bermain bersama agar terbangun hubungan hangat dengan anak.

6. Tak perlu tabu dengan gadget

Orang tua zaman now pasti tahu persis bahaya atau dampak negatif gadget dan internet bagi anak-anak. Tapi itu bukan berarti melarang anak-anak untuk memakai gadget. Gadget dan teknologi informasi membantu anak memiliki pengetahuan dan terbuka. Jad, tak perlu khawatir pada gadget. Yang lebih penting orang tua percaya pada anak dan tahu kapan harus memberi batasan.

 

Baca juga: 4 Tips Agar Si Kecil Terhindar Dari Gaya Hidup Sedentary

 

7. Beri anak tanggung jawab

Anak yang sukses biasanya memiliki tanggung jawab, baik terhadap dirinya maupun orang lain. Sejak kecil biasakan anak untuk berlatih bertanggung jawab, mulai dari hal-hal kecil seperti membereskan tempat tidur dan kamar, merawat binatang piaraan, dan sebagainya.

8. Jangan banding-bandingkan anak

Setiap anak memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Hindari membandingkan anak dengan anak lain. Lebih baik beri anak pujian atas kelebihan yang mereka miliki. Anak yang sukses bukanlah anak yang jumawa dan merasa lebih hebat dari anak lainnya.

| SHUTTERSTOCK
9. Latih untuk struggle 

Setiap orang tua pasti berharap anaknya menjadi anak yang tangguh, tabah, serta mampu mencari solusi ketika menghadapi masalah kelak. Ajarkan mereka untuk struggle. Jangan kaget jika anak ternyata mampu memecahkan sendiri masalah mereka.

10. Hargai keunikan anak

Hal-hal unik yang dimiliki anak, misalnya suka ngobrol, pandai melukis, dan sebagainya, adalah hal-hal yang menjadikan diri mereka seperti sekarang dan dikenal di lingkungannya. Jadi, beri anak pujian dorongan untuk hal-hal positif yang mereka miliki sehingga mereka lebih percaya diri.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro