Dress shabbily and they remember the dress, dress impeccably and they remember the woman.
Coco Chanel

Cek Kondisi Kesehatan Lewat Lidah

author
Hasto Prianggoro
Kamis, 14 Maret 2019 | 16:00 WIB
| SHUTERSTOCK

Menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut, termasuk lidah, bisa dilakukan dengan rajin menggosok gigi, melakukan dental floss, maupun konsumsi makanan yang sehat. Tahukah kamu bahwa lidah pun ternyata bisa menunjukkan adanya gangguan kesehatan di tubuh kita?   

 

1. Bercak Putih

Infeksi jamur meninggalkan bercak putih dan bintik-bintik di lidah dan di dalam rongga mulut. Infeksi ini meninggalkan rasa gatal dan sakit, tetapi bisa diatasi dengan obat antijamur dari dokter.

2. Hairy Tongue 

Sekilas memang tampak seperti rabut yang tumbuh di lidah. 'Rambut’ ini sebetulnya merupakan bakteri-bakteri kecil berbentuk cone yang muncul di lidah sebagai akibat merokok dan kurangnya menjaga kesehatan rongga mulut.

 

Baca juga: 6 Manfaat Kesehatan Buah Ceri

 

3. Black Tongue

Seperti halnya hairy tongue, lidah hitam disebabkan oleh pertumbuhan bakteri akibat kurangnya menjaga higienitas rongga mulut. Bisa juga akibat diet cairan, poduksi saliva yang kurang atau akibat konsumsi obat-obatan. Lidah hitam bisa diatasi dengan rajin menggosok lidah (dan menggosok gigi tentu), tetapi sebaiknya berkonsultasi ke dokter seandainya curiga obat sebagai penyebabnya.

4. Lidah Berwarna Merah Terang

Lidah yang berwarna merah terang, seperti warna stroberi, bisa jadi merupakan tanda penyakit Kawasaki. Penyakit ini termasuk penyakit langka dimana terjadi peradangan pada dinding pembuluh darah di seluruh tubuh. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-nak di bawah usia 5 tahun. Lidah berwarna merah terang bisa juga gejala demam Scarlet, yang ditandai munculnya ruam merah pada kulit, biasanya disertai radang tenggorokan.

5. Lidah Serasa Terbakar 

Jika lidah merasakan adanya sensasi seperti terbakar dalam jangka waktu lama padahal tidaksedang atau baru saja mengonsumsi makanan pedas, bisa jadi ini merupakan pertanda adanya kerusakan saraf aau gangguan kesehatan lain. Penyebab lain lidah yang terasa seperti terbakar ini Antara lain mulut kering, infeksi, asam lambung maupun diabetes.

| SHUTTERSTOCK

6. Lidah Halus Licin

Permukaan lidah yang terlihat dan terasa halus licin bisa jadi merupakan tanda kekurangan vitamin tertentu, termasuk Vitamin B12, kekurangan zat besi, maupun folat. Pemakaian gigi paslu ternyata juga bisa menyebabkan lidah terasa halus. 

7. Sariawan

Semua orang pasti pernah mengalami sariwawan paling tidak sekali dalam hidupnya. Sariawan biasa muncul ketika terjadi iritasi pada lidah akibat pemakaian kawat gigi, konsumsi makanan yang tajam, atau malas mengosok gigi maupun flossing. Biasanya sariawan akan hilang dalam beberapa hari. Jika tak juga sembuh, konsultasikan kepada dokter untuk memastikan sariawan yang muncul bukan gejala kanker.    

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro