A woman is like a tea bag. You never know how strong it is until it’s in hot water.
Eleanor Roosevelt

5 Saran Bagi Pebisnis Pemula

author
Hasto Prianggoro
Sabtu, 16 Maret 2019 | 20:44 WIB
| SHUTTERSTOCK

Jumlah anak muda yang terjun ke dunia bisnis kini makin banyak. Tingkat kompetisi pun makin meningkat, sehingga mereka yang lebih siap dan lebih kreatif lah yang akan mampu bertahan. Dengan strategi yang tepat dan keterampilan yang dimiliki, pebisnis pemula bisa memenangkan kompetisi. Nah, berikut ini tips bagi pemilik bisnis pemula agar mampu bertahan dan memenangkan pasar.

 

1. Buat website, buka akun media sosial

Begitu nyemplung ke dunia bisnis, tak ada kata lain selain bekerja keras dan berpikir kreatif. Salah satu yang bisa membantu memenangkan kompetisi sekarang ini adalah internet. Pasar lebih melirik platform online yang lebih praktis, murah dan menawarkan banyak pilihan. 

Karena itu, kunci mengembangkan bisnis adalah menggunakan keajaiban internet. Buatlah website dan akun media sosial untuk mendekatkan diri pada pasar. Dengan internet, pebisnis pemula juga akan lebih mudah mendekatkan diri pada pelanggan melalui platform media sosial seperti Twitter, Facebook, maupun Instagram.

Baca juga: 7 Tanda Milenial Siap Membangun Bisnis Sendiri

2. Pilih karyawan yang memiliki passion

Bisnis rintisan menghadapi berbagai tantangan, salah satunya harus mampu beroperasi dengan budget minimum. Padahal, untuk merekrut karyawan, budget minimum terkadang tak tepat. Lebih baik memilih karyawan yang memiliki kualifikasi bagus meskipun agak mahal. Pilih karyawan yang berpengalaman dan memiliki passion. Hindari merekrut karyawan yang masih memiliki ikatan keluarga atau kawan, kecuali memang mereka memiliki kualifikasi. Rekrutmen karyawan yang qualified dan memiliki passion akan sangat membantu mengembangkan bisnis.

3. Bermitra untuk mendongkrak performa

Pemilik bisnis pemula harus memikirkan strategi untuk mengembangkan bisnis, salah satunya mencari mitra yang tepat, termasuk dalam hal suntikan modal. Agar mitra percaya dan mau bekerjasama, pemilik bisnis harus meyakinkan bahwa dia dan orang-orang di belakangnya profesional dan memiliki kemampuan.

| SHUTTERSTOCK
4. Percaya dan hargai karyawan

Di semua bidang bisnis, kepercayaan adalah kunci keberhasilan, termasuk saling percaya antara pemilik dan karyawan. Pemilik bisnis harus belajar mempercayai karyawan. Dengan begitu karyawan pun akan merasa dirinya dihargai sehingga mampu mengeluarkan segala kemampuan demi kemajuan bisnis.

5. Kembali ke visi dan misi

Tak sedikit pendiri dan pemilik bisnis yang sama sekali belum punya pengalaman membangun dan mengelola bisnis. Padahal, sebagai pemilik, mereka harus mampu membuat keputusan penting dan strategis. Karena itu, pemilik biisnis harus bisa bersikap profesional. Cara termudah sebelum membuat keputusan adalah dengan selalu kembali kepada nilai dan tujuan bisnis, kembali kepada visi dan misi perusaaan.  

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro