Being a parent has made me more open, more connected to myself, more happy, and more creative. I’m more discerning in what I do and how I do it. It’s just made me a better person all the way around.
Alicia Keys

5 Tanda Melemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

author
Hasto Prianggoro
Senin, 18 Maret 2019 | 14:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

 

Sering sakit, lelah tak berkesudahan, atau mengalami gejala yang tak jelas sebabnya? Bisa jadi, ini tanda-tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh. “Sistem kekebalan tubuh bisa melemah karena kurang asupan nutrisi, kurang tidur, stres berat, dan sebagainya,” kata Erin Palinski-Wade, RD, CDE, penulis 2 Day Diabetes Diet.

Melemahnya sistem kekebalan akan membuat tubuh sulit melawan kuman penyakit yang datang. Stres misalnya, akan menigkatkan produksi hormon kortisol yang menekan sistem kekebalan. Melemahnya sistem kekebalan tubuh bisa juga merupakan tanda adanya penyakit kronis seperti diabetes, penyakit jantung, maupun gangguan ginjal. 

Salah satu cara meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengubah gaya hidup antara lain dengan tidur cukup, menghindari stres, dan mengonsumsi makanan sehat. Kondisi apa saja yang menunjukkan adanya pelemahan sistem kekebalan tubuh?

 

1. Gangguan pencernaan

Riset menemukan kaitan antara sistem kekebalan tubuh dengan flora usus, bahkan 70% sistem kekebalan tubuh berada di sepanjang saluran pencernaan. Itu sebabnya, gangguan pencernaan seringkali muncul seiring melemahnya sistem kekebalan tubuh. Misalnya sering kembung atau sembelit. 

2. Mudah sekali flu

Gampang sekali terserang flu bisa jadi merupakan tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh. Itu artinya tubuh tidak punya kekuatan untuk menangkal kuman dan virus flu yang datang. Sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mencari tahu penyebab pastinya.

| SHUTTERSTOCK
3. Selalu merasa lelah

Rasa lelah atau capek bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya habis berolahraga, habis lembur, dan sebagainya. Mudah lelah juga bisa disebabkan oleh melemahnya sistem kekebalan tubuh, apalagi jika dibarengi gejala lain seperti menurunnya napsu makan, nyeri sendi, maupun sakit perut.

4. Sakit tak sembuh-sembuh 

Biasanya flu akan sembuh sendiri dalam beberapa hari dengan istirahat cukup dan pola makan sehat. Tetapi jika flu tak juga membaik setelah lebih dari 3 hari, mungkin saja penyebabnya adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh. 

Baca juga:  Cek Kondisi Kesehatan Lewat Lidah

5. Infeksi jamur jadi langganan

Infeksi jamur yang muncul terus menerus juga merupakan tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh. Infeksi jamur yang sering muncul misalnya infeksi jamur di kulit maupun di mulut. Ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan penyebab pasti infeksi jamur tersebut. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro