I don't believe in luck. It's persistence, hard work, and not forgetting your dream.
Janet Jackson

Sebelum Traveling ke Turki, Simak 7 Hal Ini

author
Isna Triyono
Jumat, 22 Maret 2019 | 14:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Turki semakin menjadi destinasi favorit bagi traveller.

Bukan aja menawarkan keindangan alam, Turki juga seperti paket komplet dengan suguhan gedung kuno yang indah dan budaya yang menarik.

Berlibur ke ke Turki bisa dibilang jalan-jalan setengah ke Asia, setengah ke Eropa karena letak geografisnya.

Untuk kamu first timer yang mau ke Turki, ada baiknya nyimak yang harus diperhatikan nih sebelum berangkat.

Baca juga: Bagai di Surga, Ini 5 Destinasi di Selandia Baru

1. E-visa bagi WNI

Bagi WNI, Turki memberi kemudahan untuk mengurus visa lewat online atau e-visa dan VOA (visa on arrival). Itu artinya kamu enggak perlu datang langsung ke kedutaan Turki di Indonesia.

Untuk harga E-visa, kamu harus membayar sebesar 25 USD dan biaya administrasi 0,7 USD dengan masa berlaku selama 30 hari.

SHUTTERSTOCK |

2. Antrean di Imigrasi

Enggak usah heran kalau kamu harus antre di imigrasi bandara. Karena Turki saat ini memang sedang menjadi primadona bagi traveller dari seluruh oenjuru dunia. Jadi sabar aja antre di imigrasi ya.

3. Transportasi Mudah

Sebagai salah satu negara maju, Turki memiliki sarana transportasi yang lengkap dan nyaman. Untuk dalam kota, kamu bisa naik kereta bawah tanah (metro), tramvay, atau bis dengan sebelumnya membeli kent kart di terminal atau di minimarket.

Baca juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling Dengan Bayi

SHUTTERSTOCK |

4. Biaya Relatif Murah

Turki juga relatif murah untuk biaya makan dan penginapan (tergantung kelasnya juga sih). Tapi bisa dibilang, biaya hidup di sana mirip dengan Jakarta. Jadi, jauh lebih murah lah dibanding biaya hidup kalau kamu traveling ke Amerika atau Eropa.

5. Jarang yang Bisa Bahasa Inggris

Meski setengah negaranya terletak di benua Eropa, sayangnya enggak banyak penduduk Turki bisa berbahasa Inggris dengan lancar. Jadi, minimal kamu harus mengetahui kosa kata dasar Turki seperti:

Halo: merhaba

Please: lutfen

Terima kasih: Tesekkur ederim

Tolong: yardim et

SHUTTERSTOCK |

6. Daftar SIM Card

Untuk SIM smartphone dari luar Turki jika digunakan lebih dari seminggu harus mendaftarkan dulu ke pemerintahan dengan data paspor. Tentu pendaftaran ini juga dikenakan biaya sekitar 120 TL (Turkish Lira).

7. Steker Dua Kaki

Untuk steker atau colokan listrik yang dipakai di Turki sama dengan yang di Indonesia, yaitu steker dengan dua kaki. Jadi kamu enggak perlu beli colokan lagi di sana.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono