There is no such thing as a perfect parent. So just be a real one.
Sue Atkins

5 Kebiasaan Saat Tidur Ini Bisa Merupakan Gejala Penyakit

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 24 Maret 2019 | 18:13 WIB
| SHUTTERSTOCK

Tubuh memiliki mekanisme untuk memberikan sinyal ketika sesuatu terjadi. Misalnya, bersin ketika muncul gejala flu, sakit gigi saat gigi mulai berlubang, dan sebagainya. Begitu pun ketika tidur. Menurut National Sleep Foundation, tubuh melakukan banyak hal saat kita tidur, seperti mengatur hormon dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Beberapa gejala adanya gangguan kesehatan juga ditunjukkan saat kita tidur, seperti 6 hal berikut ini.

 

1. Mendengkur tak henti-henti

Tak sedikit orang yang mendengkur saat tidur, jadi tak perlu cemas. Tetapi jika dengkur yang keluar terdengar seperti sedang kesulitan bernapas, sebaiknya cek ke dokter, Bisa jadi, itu gejala sleep apnea atau henti napas saat tidur. 

2. Terbangun dengan keringat bercucuran

Terbangun dengan tubuh basah kuyup oleh keringat? Bisa jadi suhu kamar yang terlalu panas, tetapi jkondisi ini bisa juga disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Gangguan tiroid dan menopause bisa membuat hormon menjadi tak seimbang sehingga memicu keringat berlebih saat tidur. 

Baca juga;  6 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyumbang Racun Bagi Tubuh Kita

3. Gigi gemeretak

Menurut US National Library of Medicine, kebiasaan menggeretakkan gigi atau bruxism bisa disebabkan banyak hal, mulai stres atau kecemasan, konsumsi obat tertentu, kafein maupun alkohol, atau karena anatomi rongga mulut. Jika terus-terusan terjadi dan dibiarkan, kebiasaan ini bisa memicu sakit gigi, sakit kepala, rahang sakit, dan sebagainya.  

4. Suka ngelindur

Berbicara saat tidur (ngelindur) dan berjalan ketika tidur merupakan hal yang normal. Ini terjadi ketika kita terbangun pada fase tidur REM sehingga berada di antara bangun dan tidur. Penyebabnya bisa karena kurang tidur, terlalu capek, konsumsi kafein atau alkohol. Namun, jika ini sering terjadi, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter supaya diberikan penanganan yang tepat.

| SHUTTERSTOCK
5. Sering buang air kecil di malam hari

Kandung kemih yang terlalu aktif bisa membuat kita sering buang air kecil di malam hari. Tetapi  bisa juga ini karena penyebab lain. Kadang-kadang, orang terbangun di malam hari dengan pikiran kepengin baung air kecil, padahal sebetulnya tidak mau buang air kecil. Coba cek apakah sebelum tidur minum cukup banyak atau habis minum obat diuretik, karena itu juga bisa menyebabkan sering buang air kecil. 

6. Batuk tak henti-henti

Batuk tak henti-henti di malam hari bisa saja sesuatu yang wajar dan tidak berbahaya. Tetapi, jika terus-terusan batuk sementara sebelumnya tidak ada gejala lain, bisa jadi ini merupakan serngan asma atau gejala penyakit jantung. Asma biasanya memburuk pada malam hari, sementara orang dengan penyakit jantung batuk-batuk karena berbaring dalam waktu waktu lama sehingga cairan naik kembali ke paru.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro