If everything was perfect, you would never learn and you would never grow.
Beyonce

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Mulai Berbisnis

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 26 Maret 2019 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Membangun dan menjalankan bisnis butuh passion, kerja keras, dan konsistensi. Tetapi, ada juga beberapa hal yang sebaiknya tidak dilakukan ketika memutuskan terjun ke dunia bisnis. Lima hal berikut ini sebaiknya tidak dilakukan saat memulai berbisnis. 

 

1. Jangan buru-buru mencari partner

Memilih partner bisnis bukan hal yang mudah. Tidak bisa hanya karena sahabat, teman sekantor, atau karena punya kapasitas lalu dipilih jadi partner bisnis.

Yang dibutuhkan dari seorang partner bisnis bukan hanya mereka yang bersemangat memulai dan membangun bisnis, tetapi juga harus bisa dan mau “me-maintain” jalannya bisnis day per day. 

Partner bisnis yang paling ideal adalah mereka yang memiliki skill dan pendekatan yang berbeda dengan kita.

Alasannya, selain bisa mengisi kekurangan kita, dia juga bisa menjadi lawan diskusi yang sepadan dalam rangka mengembangkan bisnis. Konflik mungkin iya, tetapi outputnya adalah demi kemajuan bisnis. 

Baca juga: 7 Tanda Milenial Siap Membangun Bisnis Sendiri

2. Jangan cepat menyerah

Membangun dan menjalankan bisnis bukan hanya dilihat tujuannya, tetapi prosesnya yang panjang dan melelahkan. Sebaiknya, nikmati saja prosesnya, jangan cepat menyerah begitu menghadapi tantangan.

Jatuh bangun sudah pasti, bahkan bisa dalam hitungan hari. Jika kita mudah menyerah dan kecil hati menghadapi prosesnya, bisa-bisa bisnis tak bertahan lama. Yang juga harus dimiliki adalah kemapuan mengelola stres.

3. Jangan lupakan niat awal

Segala sesuatu pasti dimulai dari niat dan alasan. Jadi, apakah alasannya karena mengikuti passion atau pengin punya waktu lebih untuk keluarga, jangan pernah melupakan alasan kita memutuskan membangun bisnis.

Alasan-alasan inilah yang akan menjaga kita tetap termotivasi menjalankan bisnis, bahkan ketika bisnis kita jatuh.    

| SHUTTERSTOCK
4. Jangan lakukan semua pekerjaan sendiri

Di awal-awal, kita mungkin masih bisa menghandel semua pekerjaan sendiri. Tetapi, seiring perkembangan bisnis, mengerjakan semuanya sendiri justru tidak efektif.

Dari sisi finansial memang lebih hemat karena tak harus mengeluarkan budget untuk merekrut orang. Akan tetapi waktu bisa terbuang untuk urusan yang mungkin tak perlu kita sendiri yang harus turun tangan.

5. Jangan takut berubah

Dunia selalu berubah, termasuk juga dalam hal bisnis. Bisnis berskala kecil lebih diuntungkan karena bisa mengubah strategi, marketing plan, maupun target market dengan segera, meskipun sumber daya lebih terbatas.

Jadi, jangan takut untuk berubah, selalu ikuti perkembangan dan perubahan, serta selalu terbuka pada ide-ide baru. 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro