Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

7 Benda di Rumah yang Suka Terlewat Untuk Dibersihkan

author
Isna Triyono
Kamis, 28 Maret 2019 | 10:06 WIB
SHUTTERSTOCK |

Selain nyaman dan indah, rumah juga harus selalu dijaga kebersihannya.

Sayangnya, karena terlalu fokus pada hal yang utama, seperti lantai atau tempat tidur, benda-benda kecil berikut ini lupa dirawat dan dibersihkan agar terbebas dari kuman dan kotoran.

Sebagai pengingat, ini benda-benda yang sering terlewat dibersihkan padahal berpotensi menjadi sarang kuman dan bakteri.

Baca juga: 6 Tanaman Indoor Terbaik Untuk Bersihkan Udara

1. Spons Cuci Piring

Spons untuk mencuci ini menjadi sarang kuman yang paling mengerikan. Serpihan kotoran dan bekas makanan bisa tinggal di dalam spons dan berpindah ke alat makan yang kamu cuci.

Sebaiknya cuci bersih spons setiap kali dipakai untuk mencuci. Bila perlu, rendam dengan air panas setiap 2 hari sekali.

SHUTTERSTOCK |

2. Handuk

Setiap sehabis dipakai, gantung handuk agar benar-benar kering. Handuk yang basah atau lembap, memungkinkan banyak bakteri bersarang di sana. Jangan lupa mengganti handuk seminggu sekali.

 

3. Remote Control

Karena keasyikan nonton tv, kamu menyentuh remote tanpa mencuci tangan dulu setelah makan atau memegang benda lainnya. Bersihkan remote menggunakan kain lap yang dicelupkan ke air sabun.

Baca juga: 5 Cara Mudah Mengatur Rumah Menurut Feng Shui

SHUTTERSTOCK |

4. Karpet

Pemicu alergi seperti debu, tungau, atau jamur sangat senang bersarang di karpet. Bersihkan karpet dengan vacuum cleaner dan secara berkala jemur di bawah sinar matahari.

5. Saklar

Karena sering disentuh oleh semua penghuni rumah, saklar bisa menjadi media penyebaran virus penyakit.

6. Tombol Kompor

Benda kecil ini sering terlewat ketika kita membersihkan permukaan kompor. Padahal di sela-sela tombol ini banyak jamur dan bakteri bersarang akibat cipratan minyak atau tumpahan makanan yang tertinggal.

SHUTTERSTOCK |

7. Keyboard Komputer

Tentu bukan 1-2 kali kamu menekan tombol di keyboard komputer, pasti sangat sering. Sayangnya, kita juga kurang teliti saat membersihkannya. Apalagi jika kamu enggak memastikan tangan dalam kondisi bersih ketika mulai mengetik.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono