You have a lifetime to work, but children are only young once.
Polish Proverb

Makeup Cakey, Creasing, Crack, Patchy… Apa Artinya?

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 29 Maret 2019 | 19:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Pasti sering dengar istilah makeup cakey, creasing, dan sebagainya. Ketahui artinya, yuk!

Cakey

Terjadi saat kamu pakai bedak, foundation, atau concealer yang tidak menempel sempurna di kulit sehingga riasan terlihat tidak rata, tidak natural, cenderung tebal seperti dempul.

Biasanya terjadi karena pemakaian produk makeup yang tidak sesuai, cara pemakaian produk yang salah, terlalu tebal memakai bedak.

Bisa juga karena kondisi kulit yang tidak disiapkan dengan baik. Misalnya, kulit tidak pakai pelembap dan primer sehingga produk selanjutnya tidak bisa menempel sempurna.

Baca juga: Makeup Awet Dengan Setting Spray, Ini Cara Tepat Memakainya

Creasing

Disebut juga crack. Terjadi ketika concealer atau foundation yang kita pakai menggumpal di area kerutan sehingga menciptakan garis seperti retakan.

Biasa terjadi pada lipatan kelopak mata, ujung mata, bawah mata, kerutan dahi, garis senyum. Alhasil, di wajah muncul seperti kerutan.

Tipsnya, jaga kelembapan kulit sebelum memakai makeup. Namun, setelah kulit diberi pelembap jangan langsung memakai makeup. Beri waktu agar pelembap diserap sempurna oleh kulit dan permukaan kulit tidak lagi lengket.

Baca juga: 6 Tips Makeup Tahan Lama

SHUTTERSTOCK |

Patchy

Mirip dengan cakey, yaitu ketika foundation tidak merata di kulit wajah setelah beberapa saat dipakai. Terutama pada kulit kering atau kombinasi justru foundation menonjolkan bagian kulit yang kering atau mengelupas.

Hindari dengan cara rutin melakukan perawatan kulit wajib, seperti memakai pembersih yang lembut, memakai pelembap, serta melakukan eksfoliasi rutin seminggu sekali.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi