What it’s like to be a parent: It’s one of the hardest things you’ll ever do but in exchange it teaches you the meaning of unconditional love.
Nicholas Sparks

Hindari, 7 Kesalahan Makeup Yang Bikin Kamu Terlihat Lebih Tua

author
Ratih Sukma Pertiwi
Jumat, 29 Maret 2019 | 20:00 WIB
shutterstock |

Tua itu pasti, tapi terlihat lebih tua sebelum waktunya jangan dong. Nah, ternyata salah pakai warna foundation saja bisa bikin kamu terlihat lebih tua.

1.Salah Pakai Foundation

Pakai jenis foundation yang sesuai kebutuhan kulit. Misalnya, kamu berusia di awal 30-an. Tentu elastisitas kulit dan produksi pelembap alami kulit mulai berkurang.

Artinya kamu sebaiknya memilih produk foundation yang tidak terlalu berefek mattifying agar kulit tidak terlihat flat dan kering, bahkan garis halus jadi menonjol.

Juga cara mengaplikasikannya pada kulit wajah. Pilih gunakan sponge yang memberi efek rata dan halus di kulit ketimbang kuas.

Baca juga: 5 Tips Gunakan Almond Oil Sebagai Makeup Remover

2.Malas Merawat Kulit

Kulit yang dirawat dengan rutin membuat hasil makeup lebih optimal. Cukup dengan hal-hal simpel, seperti mencuci muka dengan pembersih yang lembut, mengeksfoliasi kulit  dari sel-sel kulit mati  1-2 minggu sekali, memakai pelembap dan sunscreen.

Sebelum bermakeup, jangan lupa juga untuk menggunakan primer yang berguna sebagai barrier antara kulit kamu dan makeup, sekaligus memperhalus tekstur pori-pori kulit.

3.Concealer Terlalu Terang

Ada dua kesalahan menggunakan concealer. Pertama, menggunakan terlalu banyak concealer sehingga makeup menggumpal di area-area lipatan kulit dan membuatnya terlihat seperti kerutan (creasing atau crack).

Kedua, menggunakan concealer yang terlalu terang. Alhasil, kerutan dan lingkaran mata semakin terlihat, dan bikin kamu terlihat lebih tua.

shutterstock |

4.Terlalu Banyak Blush On

Bukannya memberi kesan segar dan natural, terlalu banyak blush on di pipi membuat kamu terlihat lebih tua karena dandanan yang menor dan enggak alami.

Selain itu, mengaplikasikan blush on di tempat yang salah pun memberi kesan tua pada wajah.

5.Lipstik Gelap

Semakin bertambah usia kamu sebaiknya hindari lipstik warna-warna gelap seperti oxblood, deep wine, dark purple, biru, dan berry.

Warna-warna tersebut ternyata bisa membuat tampilan terlihat lebih tua. Orang akan terfokus pada bagian bibir dan kerutan di area smile lines.

Selain itu, semakin bertambah usia produksi kolagen menurun dan berpengaruh pada kondisi kulit bibir yang semakin enggak plumpy dan menipis. Jika dipulas dengan lipstik warna gelap, bibir bakal tambah terlihat tipis dan mengerut.

shutterstock |
6.Terlalu Banyak Setting Powder

Setting powder penting digunakan agar foundation lebih awet, sekaligus menyerap kelebihan minyak agar riasan lebih matte. Ada dua jenis setting powder, loose (tabur) dan compact (padat).

Sebaiknya jangan terlalu banyak membubuhkan setting powder pada wajah. Efeknya malah bikin kulit wajah kering dan menonjolkan kerutan, terutama di bagian bawah mata.

Triknya, misal kamu mau memakai setting powder di bagian bawah mata saat proses baking, pilihlah jenis loose yang yellow-based. Warna kuning akan membuat lingkaran hitam di bawah mata terlihat lebih pudar.

Baca juga: 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Dengan Eyeliner Putih

7.Eyeliner Tebal dan Gelap

Memakai eyeliner pensil warna gelap dan tebal membuat tampilan kamu cenderung lebih tua.

Apalagi kalau kamu hanya memakainya pada bagian bawah mata, maka mata bakal terkesan droopy dan tua.

Sebaiknya, gunakan eyeliner liquid dan bentuk winged. Ini membuat mata terkesan lebih cerah.

 

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi