Success is not final, failure is not fatal: it is the courage to continue that counts.
Winston Churchill

5 Manfaat Luar Biasa Minyak Kelapa Untuk Bayi

author
Isna Triyono
Kamis, 11 April 2019 | 10:43 WIB
SHUTTERSTOCK |

Minyak kelapa murni memiliki banyak manfaat kesehatan bagi kita, tanpa kecuali bagi bayi.

Kulit bayi yang sangat sensitif membuat rentan terhadap bahan kimia. Jika kulit bayi terlalu sensitif menggunakan produk kimia, kamu bisa mencobanya dengan bahan alami. Salah satunya minyak kelapa.

Berikut ini manfaat luar biasa minyak kelapa untuk bayi yang bisa kamu coba.

Baca juga: 3 Alasan Air Putih Berbahaya Bagi Bayi

1. Cradle Cap

Cradle cap atau kulit kepala yang kering biasa terjadi pada bayi yang baru lahir hingga beberapa minggu kemudian. Kamu bisa menghilangkan cradle cap menggunakan minyak kelapa.

Oleskan minyak kelapa pada kulit kepala, lalu diamkan selama 20 menit. Kemudian gunakan sisir bayi untuk membersihkan serpihan kulit kering. Kemudian bilas rambut bayi dengan sampo bayi dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk.

SHUTTERSTOCK |

2. Ruam Popok

Selain menggunakan salep, ruam popok juga bisa diredakan dengan minyak kelapa.

Oleskan minyak kelapa pada bagian ruam setiap sehabis mandi atau mengganti popok. Lalu angin-anginkan sejenak sebelum kembali memakaikan popok atau celana.

3. Sariawan

Sariawan bayi bisa terlidah dari lidahnya yang diselimuti bintik putih merata. Lapisan putih pada lidah bayi ini jika didiamkan akan mengganggu kenyamanan bayi ketika sedang menyusu.

Oleskan minyak kelapa di sekitar daerah puting agar ketika bayi menyusui, minyak kelapa akan ikut terhisap dan meringankan gejaka sariawan.

SHUTTERSTOCK |

4. Tumbuh Gigi

Kandungan minyak kelapa memiliki anti inflamasi alami. Kamu bisa gunakan untuk meredakan sakit gusi ketika gigi bayi akan tumbuh.

Oleskan minyak kelapa pada gusi yang bengkak menggunakan jarimu. Kamu juga bisa oleskan minyak kelapa pada mainan soothers atau teething.

Baca juga: 7 Cara Melindungi Bayi Saat Musim Flu

5. Meredakan Flu

Saat terserang flu, bayi merasa kurang nyaman dan sulit bernapas. Kamu bisa gunakan minyak kelapa sebagai olesan untuk membuat dada dan punggungnya hangat.

Campurkan minyak esesial seperti minyak telon atau kayu putih dengan 2 sendok makan minyak kelapa. Taruh di telapak tanganmu lalu gosokkan keduanya hingga menimbulkan suhu hangat pada telapak. Lalu oleskan ke punggung dan dada bayi untuk menyebarkan rasa hangat.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono