Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bagian dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati.
Susi Pudjiastuti

4 Tips Memilih Primer Untuk Kulit Berminyak

author
Ratih Sukma Pertiwi
Senin, 15 April 2019 | 12:00 WIB
SHUTTERSTOCK |

Kunci makeup awet untuk pemilik kulit berminyak.

“Kulit berminyak cenderung merusak foundation. Akibatnya foundation patchy. Itu sebabnya perlu memulas primer sebelum bermakeup, agar riasan lebih tahan lama,” jelas makeup artist Michanna Murphy.

Namun bukan sembarang primer yang cocok dipakai pada kulit berminyak. Bagaimana memilih yang tepat?

1.Pilih formula oil free.

Primer jenis ini tidak bikin kulit wajah kamu tambah berminyak. Mengandung bahan yang bikin kulit kamu matte, seperti witch hazel dan salicylic acid.

Baca juga: Makeup Awet Dengan Setting Spray, Ini Cara Tepat Memakainya

2.Ekstra pelembap.

Primer yang mengandung pelembap, seperti hyaluronic acid, menghindari kulit dari kekeringan yang bisa memicu produksi minyak berlebih.

3.Pilih Blurring primer.

Rata-rata kulit berminyak memiliki pori-pori besar. Blurring primer yang biasanya mengandung silica atau dimethicone, membantu “mengisi” pori-pori sehingga kulit terlihat lebih halus dan rata.

Baca juga: Makeup Cakey, Creasing, Crack, Patchy… Apa Artinya?

4.Pakai yang photo friendly.

Pemakaian primer pada kulit wajah berminyak bisa meninggalkan residu warna putih (white cast) saat terkena flash kamera. Sebaiknya pilih yang mengandung talc dan zinc untuk menghalangi efek white cast.

Penulis Ratih Sukma Pertiwi
Editor Ratih Sukma Pertiwi