Bekerja keras adalah bagian dari fisik, bekerja cerdas merupakan bagian dari otak, sedangkan bekerja ikhlas ialah bagian dari hati.
Susi Pudjiastuti

4 Kebiasaan Penyebab Kulit Kering

author
Hasto Prianggoro
Minggu, 14 April 2019 | 23:44 WIB
| SHUTTERSTOCK

Merawat kulit merupakan keharusan, terutama bagi kaum perempuan. Tetapi perawatan kulit dan kebiasaan yang kurang tepat bisa membuat kulit jadi kering dan rusak. Berikut 4 kebiasaan yang bisa membuat kulit rusak dan kering.

1. Hati-hati memakai sabun batangan

Pemakaian sabun, terutama sabun batangan, yang mengandung deterjen dan bahan kimia bisa membuat kulit jadi kering dan iritasi.

Sabun batangan yang mengandung surfaktan memiliki pH alkalin yang bisa merusak lapisan kulit luar dan mencegah kulit melindungi dirinya sendiri.

Sebaiknya pilih sabun yang tidak memiliki aroma karena tidak merusak kulit.

2. Terlalu sering melakukan perawatan

Terlalu sering membersihkan kulit, terutama kulit wajah, dengan produk pembersih untuk membantu mengelupas sel-sel kulit mati (exfoliate) bisa membuat kulit jadi kering dan rusak.

Tujuan exfoliating adalah untuk membuang sel-sel mati dari permukaan kulit. Tetapi pemakaian scrub exfoliating yang terlalu sering bisa menimbulkan micro-tears (luka) yang bisa memicu radang pada kulit, kulit kemerah-merahan, kulit kering, dan kulit mengelupas.

Baca juga: 6 Kebiasaan Penyebab Kadar Hormon Estrogen Turun

3. Moisturizer bisa bikin iritasi

Untuk mengatasi kulit kering, orang biasanya memilih memakai lotion penyegar (moisturizer), padahal ini justru sebaiknya dihindari, khususnya lotion yang memiliki aroma.

Pasalnya, lotion dengan aroma ini bisa menyebabkan kulit malah jadi iritasi. Lotion biasanya memiliki kandungan water-based yang tak mudah terserap oleh kulit karena cepat menguap. Alhasil, kulit malah akan makin kering.

4. Kurang cairan

Tubuh yang kekurangan cairan bisa juga membuat kulit jadi kering. Kurang minum bisa membuat kulit jadi lelah dan kurang segar. Jadi, sebaiknya rajin minum air sesuai yang dianjurkan agar kulit bisa lebih segar dan bercahaya.

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Hasto Prianggoro