Try to be a rainbow in someone else’s cloud.
Maya Angelou

8 Rahasia Sukses Womenpreneur

author
Hasto Prianggoro
Selasa, 16 Oktober 2018 | 08:28 WIB
Womenpreneur | Shutterstock

Untuk meraih sukses, butuh kerja keras yang tidak jarang bertahun lamanya. Termasuk para womenpreneur muda yang kian bermunculan. Sebut saja Carline Darjanto yang sukses membangun bisnis fashion lewat label Cotton Ink, Azzalea Ayuningtyas beramal sambil berbisnis lewat Du’Anyam, atau Helga Angelina yang berkibar dengan bisnis makanan sehat Burgreens.

Nah, kamu mau mengikuti jejak sukses mereka? Ikuti delapan rahasia sukses womenpreneur berikut ini.

1. Membuat Rencana Harian

Para womenpreneur sukses tak hanya melakukan aktivitas seperti biasa, tetapi mereka membuat jadwal harian. Mereka tahu apa yang harus dikerjakan, punya jadwal kerja, dan kapan harus berhenti bekerja. Intinya, plan ahead.

Business Woman | Shutterstock
2. Me Time

Setiap orang butuh waktu untuk diri sendiri alias me time. Namun, yang membedakan para womenpreneur sukses dengan orang lain adalah mereka menjadwalkan me time.

Mereka juga tahu persis me time seperti apa yang mereka butuhkan. Tak cuma keluar rumah dan berjalan-jalan, tapi mereka tahu harus me time ke mana dan melakukan apa.

Things Make Me Happy | Shutterstock

 3. Makan Dengan Benar

Biasanya, orang-orang yang supersibuk justru melupakan urusan makan. Akan tetapi, para womenpreneur sukses biasanya sudah punya jadwal makan, di mana mau makan, menunya apa, dan sebagainya. Mereka sadar, makan dengan benar akan membuat tubuh dan pikiran nyaman, sehingga bisnis pun bakal lancar.

4. Mengatur Email

Banyak orang yang menjadi “budak” email. Notifikasi email pun kerap membuat mereka tersiksa. Nah, para womenpreneur sukses biasanya membuat jadwal kapan membuka dan membalas email. Dengan begitu, waktu mereka tidak terkuras hanya untuk menunggui email. Tips lain, matikan notifikasi email masuk.

5. Sewa Ahlinya

Melakukan outsourcing untuk beberapa jenis pekerjaan akan membuat kerja lebih efektif. Ini yang dilakukan para womenpreneur sukses. Dengan jasa para tenaga outsourcing, mereka bisa lebih fokus mengembangkan bisnis dan memperoleh untung lebih banyak.

Yang lebih baik lagi adalah menyewa tenaga ahli. Misalnya, lebih baik menyewa jasa graphic designer per proyek ketimbang mengerjakannya sendiri.

6. Mengembangkan Diri

Podcast, eBook, kursus, seminar dan pelatihan menjadi makanan para womenpreneur sukses untuk mengembangkan diri. Tidak ada kata berhenti untuk menambah wawasan.

7. Berhenti Bekerja

Ya, betul, berhentilah bekerja. Ada perbedaan antara bekerja dengan bekerja efektif. Nah, para womenpreneur sukses memilih untuk bekerja efektif dan menetapkan jam kerja sendiri.

Paling tidak mereka punya jadwal kerja yang mereka ikuti secara ketat. Pada saatnya mereka harus berhenti, mereka akan berhenti dan melakukan hal-hal yang mereka sukai.

8. Istirahat dan Recharge

Selain me time dan berhenti bekerja, para womenpreneur sukses juga menyempatkan untuk beristirahat dan me-recharge tubuh dan pikiran. Mereka tahu mereka butuh tidur atau istirahat yang berkualitas agar bisa maksimal menjalankan bisnis.

  • ALITA/DOK.KANYA.ID |
  • ALITA/DOK.KANYA.ID |
  • ALITA/DOK.KANYA.ID |
Penulis Hasto Prianggoro
Editor N. Widiati Surya. P