I finally realized that being grateful to my body was key to giving more love to myself.
Oprah Winfrey

10 Tanaman Indoor Minim Perawatan

author
N. Widiati Surya. P
Selasa, 16 Oktober 2018 | 08:54 WIB
Lidah Mertua | Shutterstock

Ingin ruangan di dalam rumah terlihat asri dengan aneka jenis tanaman, namun kamu malas merawatnya? Pilih saja 10 tanaman indoor yang minim perawatan berikut ini.

Dengan memilih tanaman indoor yang minim perawatan, kamu tidak perlu repot menyiram setiap hari dan tidak perlu cahaya matahari langsung. Sekarang semakin banyak lo jenisnya. Bentuk dan motifnya pun sangat cantik untuk menghias pojok-pojok rumah.

Meski minim perawatan, manfaatnya untuk kesehatan beragam. Salah satunya, sebagai pembersih udara dari berbagai polutan, seperti asap rokok, asap kendaraan, debu, dan sebagainya. Dari 10 tanaman indoor minim perawatan ini, mana yang kamu suka?

1. Haworthia

Cukup disiram 2-3 kali seminggu dan sesekali diberi sinar matahari langsung.

2. Lidah Mertua

Lidah mertua atau sansevieria bisa bertahan hidup dengan sedikit air dan cahaya matahari yang minim. Berfungsi menyerap racun/polusi udara.

3. Peace Lily

Tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini akan bertahan hidup dan berbunga justru dengan tanah yang cukup kering.

Peace Lily | Shutterstock

4. Tanaman Bahagia

Nama asli tanaman ini adalah dieffenbachia. Letakkan tanaman ini di dekat jendela. Karena meski tidak terlalu memerlukan sinar matahari langsung, namun daunnya semakin lebat jika mendapat sinar cukup.

Tanaman Bahagia | Shutterstock

5. Kalatea

Corak kemerahan membuat kalatea sangat cantik untuk diletakkan di dalam ruangan.

Kalatea | Shutterstock

6. Dracaena

Tanaman ini tidak membutuhkan sinar matahari langsung. Jika terkena sinar matahari langsung, daunnya yang runcing memanjang ini justru akan rusak. Sebaiknya letakkan sebentar di dekat jendela kemudian taruh kembali di tempat yang teduh.

Dracaena | Shutterstock

7. Aglaonema

Tanaman yang juga dikenal dengan nama sri rezeki ini tidak perlu disiram setiap hari. Ia hanya membutuhkan cahaya tidak langsung dan lingkungan yang lembab.

Aglaonema | Shutterstock

8. Kaktus hias

Tidak perlu menyiramnya setiap hari. Kamu bisa memilih beragam warna, bentuk batang dan bunga yang unik, tergantung dari jenisnya.

Kaktus Hias | Shutterstock

9. Suplir

Suplir atau adiantum memiliki bentuk daun yang khas, yaitu seperti duri ikan. Tanaman suplir tidak perlu disiram setiap hari karena ia tumbuh dengan baik hanya dengan tanah yang lembab, tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu kering.

Suplir | Shutterstock

10. Heart Leaf Philodendron

Tanaman ini memiliki bentuk daun seperti hati dan bisa menyerap polutan-polutan udara di dalam ruangan. Siram sesekali dengan air secukupnya saja.

Heart Leaf Philodendron | Shutterstock

Penulis N. Widiati Surya. P
Editor N. Widiati Surya. P