Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

5 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Semalaman

author
Isna Triyono
Selasa, 23 Oktober 2018 | 11:07 WIB
Shutterstock |

 

Pola tidur bayi berbeda dengan pola tidur orang dewasa. Ketika di malam hari Bunda butuh istirahat, si bayi justru terbangun dan mengajak bermain. Bagaimana caranya agar bayi tidur nyenyak semalaman?

 

Pada beberapa bayi, pola tidur nyenyak semalaman sudah terjadi sejak usia 4 bulan. Namun ada juga bayi yang tak pernah terbiasa dengan pola tidur nyenyak semalaman.

Alhasil, mungkin satu dua minggu Bunda masih kuat menemani si bayi melek dan bermain. Tetapi selanjutnya bisa jadi Bunda akan kelelahan dan merasa tidak fit pada pagi harinya, apalagi bagi Bunda yang harus bekerja.

Nah, sebetulnya ada cara-cara yang bisa Bunda coba agar bayi tidur nyenyak semalaman, kok.

Baca juga:Kapan Bayi Boleh Dibawa Bepergian?

1.    Tetapkan waktu tidur yang konsisten setiap hari

Jika sudah waktunya tidur, kondisikan bayi untuk tidur, misalnya mengganti baju, mematikan lampu kamar.

 

 2.    Maksimalkan aktivitas di siang hari

Tidur siang memang perlu untuk mengembalikan stamina bayi tetapi jangan terlalu lama. Usahakan bayi tidur siang sekitar 2 jam saja.

Selebihnya ajaklah bayi bermain dengan aktivitas fisik. Dengan begitu, ketika waktu tidur tiba, stamina bayi juga sudah menurun dan butuh tidur.

 

3.    Makan malam yang kenyang

Perut yang kenyang dipercaya lebih cepat membuat orang mengantuk, termasuk juga bayi. Jadi, pada malam hari usahakan perut bayi kenyang.

 

 

Shutterstock |

 

4.    Basuh muka, kaki, dan tangan

Kegiatan membasuh muka, kaki, dan tangan bukan hanya untuk kebersihan tetapi juga tanda bagi bayi bahwa waktu tidur sudah datang.  

 

5.    Kegiatan pengantar tidur

Ciptakan tradisi sebelum tidur, misalnya dengan menyanyi, menceritakan dongeng atau membaca buku cerita bersama bayi. Jika sudah selesai, Bunda bisa mencium kening bayi, menarik selimut, dan mematikan lampu kamar.

 

Penulis Isna Triyono
Editor Hasto Prianggoro