For me, motherhood is learning about the strengths I didn’t know I had, and dealing with the fears I didn’t know existed.
Halle Berry

Agar Tidak Menyesal, Ini 7 Tips Memilih Sofa

author
Isna Triyono
Jumat, 26 Oktober 2018 | 14:15 WIB
SHUTTERSTOCK |

Fungsi utama sofa adalah untuk duduk bersantai. Karena itu, saat memilih sofa pasti kamu ingin sofa terbaik dan sesuai kebutuhan.

Agar tidak salah pilih, sebelum memutuskan untuk membeli sofa, sebaiknya buat kriteria sofa yang diinginkan dan ikuti 7 tips berikut ini.

1. Harus Mencoba

Saat ingin membeli sofa, yang wajib kamu lakukan adalah mencobanya. Bukan hanya sekadar duduk saja, tetapi juga sambil memeriksa setiap bagian sofa. Apakah ada bunyi berderit, ada bagian yang lepas sehingga membuat duduk menjadi tidak nyaman atau apakah bahan penutupnya panas saat diduduki lama. Karena itu saat menjajal sofa, sebaiknya luangkan waktu duduk lebih lama.

2. Ukuran Pas

Sebelum pergi ke toko furnitur, kamu sebaiknya sudah mengantongi catatan soal panjang dan lebar ruangan yang akan kamu pasangi sofa. Jangan memilih sofa berdasarkan hitungan perkiraan. Ukuran sofa juga bisa disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Baca Juga: 7 Tips Menata Meja Kerja di Rumah

3. Sesuai Tema

Sesuaikan pemilihan sofa dengan tema ruangan di rumah kamu. Jika ruangan sedikit sempit, sebaiknya pilih tema minimalis. Hal ini juga berlaku saat memilih warna dan corak sofa, semua harus disesuaikan dengan tema dan ukuran ruangan.

4. Pertimbangkan Fungsi

Fungsi utama sofa memang untuk duduk bersantai. Tapi ada beberapa yang juga ingin sofa yang multifungsi, misalnya sofa yang juga bisa dipakai untuk tidur atau sofa yang bisa dilipat untuk menghemat space.

5. Bahan Sofa

Bahan sofa sangat beragam, seperti polyester, katun, rayon, atau linen. Masing-masing bahan memiliki plus minus masing-masing. Pilihlah yang sesuai kebutuhan. Misalnya, kamu masih memiliki batita yang hobi naik-naik ke sofa padahal kakinya kotor, menjatuhkan remah-remah makanan di sofa, atau bahkan mengompol di sofa.

Jika kondisinya begitu hindari memilih sofa berbahan kulit dan berwarna cerah. Pilih sofa dengan bahan yang mudah dibersihkan seperti polyester, dan siapkan cover sofa yang bisa diganti dan dicuci setiap saat.

Baca Juga: Ruang Tamu Sempit? Lakukan 5 Tips Ini!

SHUTTERSTOCK |


6. Sesuai budget

Ini juga menjadi salah satu pertimbangan saat memilih sofa. Kamu sudah harus tentukan dulu budget untuk sofa ini. Sebaiknya pilih sofa dengan budget yang sesuai dan memiliki kualitas bagus.

7. Asuransi kerusakan

Harga sofa memang terbilang mahal. Karenanya kamu pun harus mendapat asuransi kerusakan dari toko furnitur tersebut. Selain jangka waktu asuransi kerusakan yang panjang, kamu juga harus pastikan tempat resmi untuk kamu memperbaikinya jika rusak nanti.

Penulis Isna Triyono
Editor Isna Triyono