You are beautiful because you let yourself feel, and that is a brave thing indeed.
Shinji Moon

Ruang Keluarga Jadi Cantik, Begini 5 Caranya

author
Hasto Prianggoro
Jumat, 26 Oktober 2018 | 15:07 WIB
SHUTTERSTOCK |

Menciptakan ruang keluarga yang cozy dan enak dipandang sebetulnya tak sulit. Ikuti lima tips menyulap ruang keluarga jadi cantik ini.


1. Ukuran Dulu, Baru Desain

Yang pertama harus diperhatikan ketika mau mempercantik ruang keluarga adalah ukuran. Pertimbangkan ukuran lebih dulu ketimbang model furnitur yang mau diletakkan di ruang keluarga.

Sebelum membeli, pastikan ukuran furnitur yang diincar sesuai dengan ukuran ruangan. Jadi, jangan sampai sofa yang dibeli ternyata kegedean dan tidak bisa diletakkan di ruang keluarga.

Sisakan juga ruang selebar sekitar setengah meter antara meja dan sofa agar mudah ketika ingin mengubah-ubah posisi sofa. Jangan lupa, beri ruang juga untuk akses orang, sekitar 80cm-1m.

Baca Juga: 10 Tips Memilih Dekorasi dan Furnitur Kamar Anak

2. Pilih yang Viewnya Bagus

Letakkan tempat duduk utama (biasanya sofa atau couch) di lokasi yang memiliki view bagus, misalnya menghadap jendela atau di bawah lukisan. Jika ruang keluarga juga berfungsi sebagai ruang baca atau ruang kerja, letakkan TV menyatu dengan rak buku atau tutup TV dengan pintu kayu artistik saat tidak dinyalakan.

3. Warna Jadi Pembeda

Kamu punya banyak benda-benda kesayangan tapi temanya beda-beda? Ada yang klasik, modern, maupun minimalis? Kuncinya adalah pemilihan warna. Agar benda-benda tadi bisa nyambung, pilih yang memiliki warna-warna senada. Misalnya kumpulkan koleksi vas bunga yang berwarna hijau atau beraksen hijau, lalu letakkan di salah satu sudut ruang keluarga.

4. Percantik Jendela

Jendela merupakan mata hati sebuah rumah. Coba naikkan lis jendela ruang keluarga hingga mendekati garis plafon langit-langit ruangan untuk memberi kesan jendela yang besar dan tinggi. Tapi jangan terlalu besar juga karena gorden bisa menyentuh lantai dan kotor. Setelah itu beri layer, misalnya tirai gulung, krei, roller blind, dan sebagainya.

Selain memberi kesan dalam pada jendela, layer ini juga berfungsi mengatur jumlah sinar matahari yang masuk.

Baca Juga: 6 Langkah Siasati Dapur Mungil

5. Benda Seni Bisa Jadi Pilihan

Benda-benda seni bisa menjadi pemanis ruang keluarga juga. Kamu bisa menempatkan lukisan atau benda-benda seni di dinding maupun meja konsol ruang keluarga. Untuk lukisan, pasang bagian bawah lukisan sekitar 1-2 meter dari lantai sehingga tidak terlalu tinggi maupun terlalu pendek.

Jika kamu ingin menempatkan lebih dari satu lukisan di dinding, beri jarak antara lukisan sekitar 10cm.

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Isna Triyono