Love as powerful as your mother’s for you leaves its own mark to have been loved so deeply .. will give us some protection forever.
J.K. Rowling

5 Hal Wajib Lakukan Saat Anak Mogok Sekolah

author
Hasto Prianggoro
Rabu, 14 November 2018 | 16:00 WIB
| SHUTTERSTOCK

Jangan keburu panik jika anak mendadak mogok sekolah. Ada banyak sebab yang membuat anak mogok sekolah, antara lain menghindari sesuatu di sekolah yang membuatnya cemas atau tertekan, misalnya pengalaman mengalami bullying oleh teman sekolah. Bisa juga anak bolos karena menghindari interaksi sosial, misalnya karena cemas ulangannya jelak dan malu, atau anak sekedar mencari perhatian.

Nah, apa yang harus dilakukan orang tua agar anak mau kembali bersekolah, berikut beberapa tipsnya:

1.Orang tua harus yakin bahwa anak mogok sekolah bukan karena sedang sakit.

2.Yakinkan anak untuk segera masuk sekolah, karena semakin lama anak tinggal di rumah, semakin sulit untuk kembali ke sekolah.

3.Cari tahu apa penyebab anak mogok sekolah. Bunda bisa berbicara dengan pihak sekolah, siapa tahu anak pernah mengalami bullying atau kesulitan terhadap mata pelajaran tertentu.

Baca juga: 10 Tanda Anak Dibully di Sekolah

| SHUTTERSTOCK

4.Jika perlu, pertimbangkan minta bantuan ahli untuk mencari tahu penyebab pastinya. Siapa tahu justru penyebabnya adalah kondisi di rumah yang membuat anak tak punya hasrat untuk belajar.

5.Jika anak sudah mau kembali bersekolah, tak ada salahnya selama beberapa waktu Bunda mengantar atau menjemput anak ke sekolah. Dampingi juga saat anak belajar agar anak merasa lebih nyaman.

| SHUTTERSTOCK

 

Penulis Hasto Prianggoro
Editor Ratih Sukma Pertiwi